Tersedia training online gratis dan sistem online marketing terkini termasuk web, sistem follow up dan randomizer.  klik di sini untuk info lebih lanjut. 

Infeksi Saluran Pencernaan

Infeksi saluran pencernaan merupakan penyakit yang menyerang sistem pencernaan manusia. Penyakit ini tentunya terasa sangat mengganggu karena tidak jarang menimbulkan rasa sakit dan menghambat aktivitas. Penyakit ini termasuk sering menyerang walaupun memang tergolong bisa disembuhkan. Ada beberapa jenis penyakit infeksi yang akan dibahas dalam artikel ini. Secara umum, infeksi bisa terjadi karena adanya bakteri di dalam saluran pencernaan akibat makanan atau minuman yang tidak bersih serta pola makan yang tidak teratur. Selain itu, infeksi bisa terjadi sebagai indicator awal bahwa ada organ pencernaan yang tidak bekerja secara maksimal.

Beberapa Jenis Penyakit Infeksi Saluran Pencernaan yang Paling Sering Terjadi

Salah satu infeksi pencernaan yang paling sering didengar adalah diare. Diare tidak hanya menyerang orang dewasa saja tetapi juga usia bayi. Diare disebabkan karena usus besar kemasukan sejenis bakteri. Bakteri tersebut menyebabkan kerja usus besar menjadi tidak maksimal yakni tidak bisa menyerap air dengan baik. Akibatnya, penderita diare akan sering buang air besar yang encer atau mengandung banyak air. Diare harus segera diatasi karena lama-lama bisa menyebabkan tubuh kehilangan cairan atau dehidrasi. Penderita diare diharuskan minum air yang banyak dan oralit untuk menggantikan mineral yang terbuang.

Infeksi pencernaan berikutnya adalah maag atau juga disebut tukak lambung. Salah satu penyebab maag adalah adanya bakteri bernama Helicobacter pylori. Bakteri ini akan merusak lambung dan akhirnya menyebabkan maag. Maag sendiri dirasakan penderita dengan gejala perut yang terasa sangat melilit. Sebaiknya penderita maag segera minum obat maag untuk mengurangi rasa sakitnya. Maag juga disebabkan karena terlambat makan sehingga penderita harus benar-benar selalu menjaga pola makan yang teratur.

Selanjutnya ada sembelit atau sering disebut susah buang air besar. Biasanya orang yang sembelit, buang air besarnya tidak setiap hari tapi sekitar tiga hari sekali. Sembelit disebabkan karena di dalam usus besar terjadi penyerapan volume air yang terlalu besar sehingga tinja menjadi kering dan mengeras. Tinja yang mengeras ini membuatnya sulit untuk dikeluarkan dan terkadang saat pengeluarannya mengeluarkan darah dan terasa sakit. Penderita sembelit juga sering buang angin dan perut terasa tidak nyaman. Penyebabnya sederhana yakni kurangnya cairan di dalam tubuh serta kurangnya serat. Jika didiamkan bisa menyebabkan wasir makin besar dan terasa panas. Penderita sembelit sebaiknya segera meminum banyak air dan memperbanyak konsumsi serat melalui sayur dan buah.

Infeksi saluran pencernaan lainnya adalah radang usus buntu. Sesuai dengan namanya, infeksi ini terjadi karena usus buntu yang mengalami peradangan akibat adanya benda asing di usus dan tidak bisa keluar dengan sendirinya. Biasanya orang yang suka makan pedas, seringkali biji cabai tertinggal di usus buntu dan tidak bisa keluar. Benda asing tersebut menyebabkan usus buntu kelamaan pecah dan menyebabkan selaput di perut ikut meradang. Infeksi ini ditangani dengan cara dioperasi yakni usus buntunya dibuang. Operasi usus buntu tergolong ringan dan penderitanya tidak akan mengalami dampak yang terlalu besar setelah operasi karena usus buntu memang sebenarnya tidak memiliki fungsi yang signifikan.

Salah satu organ saluran pencernaan adalah kelenjar ludah. Kelenjar ludah yang terserang virus akan membengkak dan menyebabkan penyakit gondongan. Gondongan akan menyebabkan proses pencernaan secara keseluruhan menjadi terhambat. Penyakit ini cukup sering ditemui dengan gejala pembengkakan di pipi bagian bawah atau di leher atas. Selain itu, gondongan juga disertai dengan demam dan susah makan. Penyakit ini bisa disembuhkan dengan pemberian obat yang bisa melemahkan virus dan biasanya dalam 4 hari akan sembuh.

Cara Mencegah Penyakit Infeksi Saluran Pencernaan

Jika dilihat berbagai macam penyakit di atas dan penyebabnya maka sebenarnya infeksi pencernaan bisa dicegah dengan menciptakan lingkungan yang bersih dan pola hidup yang sehat. Dimulai dari lingkungan yang bersih akan meminimalisir munculnya bakteri dan virus. Sebaiknya pilih makanan yang dijual bersih dan terjamin. Selain itu, cuci tangan sebelum makan juga penting untuk dilakukan.

Pola makan yang sehat akan berperan untuk mencegah terkena penyakit saluran pencernaan. Salah satunya dengan mengurangi konsumsi makanan yang instan, mengandung banyak minyak dan kolesterol serta makanan yang terlalu pedas. Di sisi lain, perbanyak makanan berserat dan kaya akan air seperti sayur dan buah.

Pada saat makan, hendaknya makanan dikunyah dalam waktu yang cukup karena hal ini akan sangat membantu proses pencernaan berikutnya. Sebaiknya tidak makan makanan yang terlalu dingin ataupun terlalu panas karena bisa menyebabkan iritasi pada saluran pencernaan. Makan yang berlebihan hingga kekenyangan juga tidak baik untuk saluran pencernaan. Dengan menjadikan hal-hal ini menjadi sebuah kebiasaan maka Anda akan dapat terhindar dari penyakit infeksi saluran pencernaan.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.