Tersedia training online gratis dan sistem online marketing terkini termasuk web, sistem follow up dan randomizer.  klik di sini untuk info lebih lanjut. 

Hubungan Kesehatan Mulut dengan Kesehatan Tubuh

Tubuh merupakan satu kesatuan utuh yang tidak bisa dipisah-pisahkan. Satu saja bagian tubuh yang terganggu kerjanya maka semua bagian tubuh yang lain akan terkena dampaknya. Begitu juga dengan mulut. Jika kesehatan mulut menurun, kesehatan tubuh secara umum akan ikut menurun pula. Seperti apakah hubungan kesehatan mulut dengan kesehatan tubuh? 

Mulut merupakan pintu awal masuknya makanan ke dalam perut. Makanan adalah sumber energi untuk beraktivitas seluruh bagian tubuh. Jika di pintu awal saja makanan sudah bermasalah akibat kesehatan mulut yang terganggu, bisa dipastikan, makanan tersebut akan membawa masalah bagi bagian tubuh berikutnya yang dilalui makanan. Seperti kata orang, “sumber utama semua penyakit adalah makanan”.

Hubungan kesehatan mulut dengan kesehatan tubuh secara nyata bisa dilihat dalam uraian berikut berikut ini.

  • Jika kesehatan mulut terganggu akibat kesehatan gigi yang jelek, makanan akan banyak mengandung kuman (bakteri, protozoa, atau pun virus). Saat di dalam mulut saja, kuman-kuman ini bisa mengakibatkan banyak penyakit. Misalnya saja sakit gigi, infeksi gusi, sakit tenggorokan, infeksi kelenjar ludah, hingga flu. Begitu pula saat makanan masuk ke dalam organ tubuh sistem pencernaan yang lain. Kuman-kuman ini bisa menyebabkan penyakit yang lain juga. Seperti infeksi lambung, infeksi hati, infeksi usus, infeksi usus besar (kolon), dan lain-lain.
  • Jika kesehatan mulut terganggu akibat kesehatan lidah yang terganggu, misalnya saja akibat jamur Candida yang mengakibatkan penyakit ‘lidah putih’, kesehatan tubuh lainnya akan terganggu. Misalnya saja menurunnya nafsu makan yang mengakibatkan tubuh kurang energi dan juga malnutrisi. Dengan begitu, kesehatan tubuh secara umum menurun kualitasnya.
  • Jika kesehatan mulut terganggu akibat kebiasaan makan yang salah, kesehatan tubuh yang lain pun akan terganggu. Contohnya saja kebiasaan makan yang mengunyah makanan terlalu sebentar yang berakibat pada kerja lambung yang lebih keras yang bisa memicu munculnya gangguan pada lambung, seperti penyakit maag. Makan terlalu sebentar dan tergesa-gesa juga bisa memicu tergigitnya lidah atau lapisan rongga mulut lain yang memicu munculnya sariawan.
  • Kesehatan mulut yang terganggu karena jenis makanan tertentu juga bisa menggangu kesehatan tubuh yang lainnya. Misalnya saja karena terlalu banyak makan asam, makan pedas, makanan berminyak, mengunyah tembakau, danlain-lain. Makanan-makanan jenis ini, di dalam lambung dan usus bisa memicu penyakit. Seperti panas dalam, diare, hingga kanker.

Itulah penjelasan singkat mengenai hubungan kesehatan mulut dengan kesehatan tubuh secara umum. Jagalah selalu kesehatan mulut Anda agar kesehatan tubuh secara umum pun bisa terjaga. Ingat selalu bahwa mencegah akan selalu lebih baik daripada mengobati. Semoga bermanfaat.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.