Ingin punya bisnis sendiri? Ingin punya penghasilan tambahan? Yang satu ini bisa dikerjakan dari rumah atau dari mana pun saja!  Klik untuk info lebih lanjut! 

Hearing Aids : Alat Bantu Dengar

Hearing Aids atau alat bantu dengar adalah perangkat electroacoustic yang biasanya dipasang di dalam atau di belakang telinga pemakai, dan dirancang untuk memperkuat dan memodulasi suara bagi pemakai. Sebelumnya alat tersebut dikenal sebagai terompet telinga atau telinga tanduk, adalah kerucut amplifikasi pasif saluran, seperti yang dirancang untuk mengumpulkan energi suara dan mengarahkannya ke dalam liang telinga. Perangkat sejenis termasuk tulang alat bantu dengar berlabuh, dan implan koklea.
Diperkirakan ada 4 juta orang mengalami gangguan pendengaran di Inggris yang bisa mendapatkan manfaat dari memakai alat bantu dengar, tetapi yang tidak memakai satu.

Menurut Aksi Gangguan Pendengaran spesialis audiologi, Crystal Rolfe, banyak orang yang menunda untuk memakai alat bantu dengar karena berpikir bahwa tidak ada yang tahu tentang kekurangan pendengaran dan alat tersebut akan membuat terlihat tua dan cacat.

Hearing Aids atau Alat Bantu Dengar digital saat ini bekerja lebih baik daripada yang analog yang lebih tua, dan alat ini jauh lebih kecil dan lebih rapi daripada alat yang terdahulu. Perlu sikap baru untuk memakai alat bantu dengar. Mengenakan alat bantu dengar harus sebagai suatu hal yang biasa seperti memakai kacamata.

Meminimalkan Efektivitas Alat Bantu Dengar

  1. Efek oklusi : adalah keluhan umum, terutama bagi pengguna baru. Meskipun jika alat bantu yang dipakai secara teratur, kebanyakan orang akan menjadi terbiasa setelah beberapa minggu. Jika efek berlanjut, seorang Spesialis Instrumen audiolog atau Pendengaran dapat lebih menyempurnakan alat bantu dengar.
  2. Efek kompresi: pengaturan amplifikasi diperlukan untuk membuat suara terdengar tenang, jika menggunakan suara keras akan merusak telinga bagian dalam (koklea).
  3. Pemilihan alat bantu dengar pada saat pemasangan awal kurang memadai, sehingga diperlukan beberapa tindakan lanjutan. Sebagian besar Audiolog atau Spesialis Alat Bantu Dengar akan merekomendasikan sebuah audiogram model terbaru pada saat pembelian dan pada perawatan selanjutnya.

Hearing aids atau alat bantu dengar bekerja untuk meningkatkan kemampuan pendengaran yang ada, yakni membuat suara keras dan jelas dan bantuan untuk membuat suara lebih mudah diakses. Namun alat bantu dengar tidak dapat mengobati gangguan pendengaran sembuh secara total.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.