Gaji kantor kurang? Ingin punya penghasilan tambahan? Bisnis online bersama d'BC Network telah terbukti melahirkan banyak jutawan baru.  klik di sini untuk informasi lebih lengkap. 

Gondongan Pada Orang Dewasa

Gondongan atau parotitis merupakan penyakit radang kelenjar yang disebabkan oleh virus paramyxovirus. Virus ini menyerang kelenjar air liur yang terletak di mulut, terutama kelenjar parotis yang terletak di tiap sisi muka, tepat di bawah dan di depan telinga. Walaupun lebih sering menyerang anak-anak, namun orang dewasa pun bisa terkena penyakit gondongan, dan gondongan pada orang dewasa tidak dapat dianggap enteng karena bisa menyebabkan beberapa komplikasi.

Apabila orang dewasa terkena gondongan, umumnya gejalanya lebih berat dan lebih lama jika dibandingkan penderita anak-anak. Apabila laki-laki dewasa terkena penyakit gondongan, salah satu komplikasi yang mungkin terjadi adalah peradangan pada salah satu atau kedua buah zakar. Ini ditemukan pada 10-30% penderita gondongan laki-laki dewasa. Setelah sembuh, buah zakar yang terkena radang ada kemungkinan menciut secara permanen. Namun demikian, jarang terjadi kerusakan buah zakar yang permanen yang bisa menyebabkan kemandulan. Komplikasi lain yang mungkin terjadi adalah radang sendi yang bersifat sementara, radang pankreas, radang ginjal, infeksi otot jantung atau infeksi kelenjar tiroid. Selain itu, terdapat kemungkinan timbulnya komplikasi berat seperti radang selaput otak dan radang otak.

Sedangkan gondongan pada orang dewasa wanita memiliki resiko lebih rendah dibandingkan pada penderita laki-laki. Komplikasi yang mungkin terjadi adalah peradangan payudara dan peradangan pada salah satu atau kedua indung telur, walaupun jarang hingga menyebabkan kemandulan. Resiko pada wanita yang terkena gondongan akan lebih tinggi saat kehamilan, karena infeksi virus gondongan pada trimester pertama kehamilan dapat mengakibatkan cacat bawaan pada janin.

Gondongan merupakan penyakit yang diakibatkan virus, sehingga penyakit tersebut dapat sembuh dengan sendirinya. Pengobatan hanya diberikan untuk menghilangkan gejala-gejala yang timbul, misalnya pemberian parasetamol untuk menghilangkan demam. Penderita sebaiknya mengonsumsi makanan bergizi untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tubuh mampu melawan virus gondongan.

Gondongan pada orang dewasa dapat dicegah dengan imunisasi MMR (Mumps-Morbili-Rubela), serta mengonsumsi makanan yang mengandung iodium. Namun apabila Anda pernah terkena gondongan saat masih anak-anak, kemungkinan terkena untuk kedua kalinya akan sangat kecil, karena tubuh sudah memiliki antibodinya.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.