Tersedia training online gratis dan sistem online marketing terkini termasuk web, sistem follow up dan randomizer.  klik di sini untuk info lebih lanjut. 

Gejala Typus

Kita sering mendengar mengenai penyakit typus atau tifus. Penyakit ini merupakan penyakit infeksi akut usus halus yang disebabkan bakteri Salmonella typhi. Gejala typus harus dikenali secara cepat, karena jika penanganannya terlambat dapat menimbulkan komplikasi penyakit lain dan bahkan menimbulkan kematian.

Penyakit typus menyerang segala usia, dan paling sering menyerang anak-anak. Bakteri Salmonella typhi masuk ke tubuh manusia melalui makanan yang tercemar. Bakteri akan berkembang biak, menyerang usus halus dan menimbulkan radang. Dari usus halus bakteri menembus dinding usus dan menyebar hingga mencapai limpa, jaringan limfoid, hati, dan bagian-bagian lain, kemudian bakteri akan berkembang biak dan mengeluarkan toksin sehingga terjadi peradangan yang mengakibatkan demam dan gejala-gejala lainnya. Jika dibiarkan, bakteri bisa menggerogoti dinding usus, menyebabkan luka pada usus yang sewaktu-waktu bisa jebol dan usus halus menjadi bolong.

Gejala typus biasanya diawali dengan demam yang terjadi lebih dari seminggu dan umumnya muncul pada sore dan malam hari. Demam typus umumnya sukar turun walaupun penderita minum obat. Gejala awal ini biasanya diikuti dengan sakit kepala, nyeri otot, kurang selera makan, mual, muntah, sulit buang air besar, diare, dan perasaan tidak enak di perut. Gejala bisa berlanjut dengan lidah terasa pahit, terlihat kotor dan berwarna abu-abu di tengah dengan bagian ujung berwarna merah, gangguan kesadaran, detak jantung melemah, dan kondisi psikis bingung. Jika tidak diatasi, penyakit typus dapat berlanjut dengan komplikasi pada bagian tubuh lainnya seperti radang paru-paru, radang hati, radang ginjal, radang tulang, dan dapat berujung pada kematian.

Apabila Anda menemukan gejala typus pada anak atau anggota keluarga yang lain, sebaiknya lakukan cek laboratorium dan berkonsultasi dengan dokter keluarga. Setelah dokter menyatakan penyakit yang diderita adalah penyakit typus, anda bisa melakukan pengobatan mandiri di rumah. Penderita harus banyak beristirahat, makan makanan yang lembut, menghindari makanan yang keras, pedas dan asam, serta menghindari minuman dingin. Selain itu jagalah kebersihan tempat tidur, pakaian dan peralatan yang dipakai oleh penderita.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.