Ingin punya bisnis sendiri? Ingin punya penghasilan tambahan? Yang satu ini bisa dikerjakan dari rumah atau dari mana pun saja!  Klik untuk info lebih lanjut! 

Gejala Kesemutan Penderita Diabetes

Kesemutan merupakan gejala dari timbulnya beberapa penyakit termasuk gejala kesemutan penderita diabetes. Pada umumnya kesemutan terjadi jika kita duduk pada posisi yang sama secara tetap dalam waktu yang lama. Dalam hal ini kesemutan terjadi karena sistem saraf sensorik yang bertugas menyalurkan rangsangan listrik terputus karena misalnya kaki kita tertekuk. Kesemutan yang seperti ini masih dianggap normal. Selanjutnya, bagaimanakah kesemutan bisa menjadi gejala dari penyakit diabetes? Simak uraian berikut:

Penyebab dan Gejala Kesemutan Penderita Diabetes

Khusus pada penderita diabetes, kesemutan diakibatkan oleh gangguan pada pembuluh darah kapiler yang kecil dan rusaknya pembuluh darah tepi. Hal ini menyebabkan volume darah yang mengalir di ujung saraf berkurang. Jika mengalami hal ini penderita akan mengalami kesemutan terus-menerus di ujung jari dan diikuti oleh rasa sakit lain seperti nyeri di ujung telapak kaki, serta telapak kaki terasa menebal dan panas. Keadaan ini biasanya dirasakan pada malam hari.

Tindakan Selanjutnya Setelah Mengalami Gejala Kesemutan Penderita Diabetes

Setelah anda merasakan adanya gejala diabetes yang diawali dengan rasa kesemutan dibagian tubuh tertentu, perlu diadakan tindakan pengobatan dan pencegahan supaya tidak terjadi diabetes dan yang lebih parah lagi adalah kemungkinan adanya komplikasi. Pertama anda harus memeriksa kadar gula darah. Anda dapat melakukannya di klinik, rumah sakit atau puskesmas terdekat. Kemudian, mintalah kepada dokter obat khusus untuk saraf, yaitu vitamin B. Untuk penanganan lebih lanjut mintalah saran dari dokter, apakah anda harus melakukan diet atau cukup dengan mengontrol kadar gula dalam darah supaya tetap normal. Selain itu, setelah anda mengetahui gejala kesemutan di atas, jangan anggap bahwa dengan pergi ke dokter dan menjalani diet itu cukup. Hal lain yang anda harus lakukan adalah menjalankan pola hidup sehat. Selain makan makanan yang sehat anda juga harus rutin berolah raga. Hal ini dimaksudkan agar sirkulasi darah berjalan dengan lancar sehingga anda akan terhindar dari kesemutan dan yang lebih penting lagi anda menjadi sehat dan bugar.

Gejala merupakan sebuah indikasi fungsi tubuh yang tidak normal, dengan kata lain ini bisa dianggap sebagai suatu pertanda dari timbulnya penyakit. Pada artikel diatas kita dapat memahami salah satu gejala kesemutan penderita diabetes, yaitu kesemutan yang tidak dianggap wajar. Untuk kesehatan anda, anda harus tanggap jika mengalami sesuatu yang di luar kebiasaan sehat.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.