Tersedia training online gratis dan sistem online marketing terkini termasuk web, sistem follow up dan randomizer.  klik di sini untuk info lebih lanjut. 

Gejala-gejala Terserang Radang Amandel

Amandel merupakan salah satu penyakit yang banyak diidap oleh masyarakat, khususnya usia kanak-kanak sampai dengan remaja. Penyakit ini dikenal dapat menurunkan kualitas anak karena anak menjadi lebih sering sakit dibandingkan anak yang tidak terserang amandel. Organ amandel itu sendiri belum sepenuhnya diketahui fungsinya, namun memiliki keterkaitan dengan system ketahanan tubuh. Tonsil atau amandel yang bengkak akibat infeksi dapat menimbulkan aneka gejala kepada anak yang mengidapnya.

Adapun gejala-gejala terserang radang amandel adalah sebagai berikut :

  1. Anak Nampak lesu dan tidak bergairah. Hal ini dipengaruhi oleh daya tahan tubuh anak yang melemah.
  2. Rasa sakit ketika menelan. Kondisi amandel yang meradang menyebabkan anak menjadi kesakitan ketika menelan makanan dan Gejala-gejala Terserang Radang Amandelbahkan minuman. Anak yang usianya masih balita menjadi rewel dan sulit makan.
  3. Mengantuk dan sulit untuk berkonsentrasi. Tidak sedikit anak yang terserang amandel menjadi mudah mengantuk dan susah melakukan konsentrasi. Akibatnya sitem belajar anak menjadi terganggu.
  4. Demam tinggi yang sering muncul dan hilang begitu saja. Radang selalu menimbulkan demam karena demam merupakan mekanisme untuk melawan penyakit, demikian pula radang. Radang dan demam menunjukkan adanya aktivitas sel imun di dalam melawan infeksi. Sehingga pada radang amandel selalu diikuti gejala radang.
  5. Gejala-gejala terserang radang amandel lainnya adalah adanya masalah pada saluran pernapasan seperti batuk, serak dan suara hilang. Kadang orang tua mengira anaknya terkena influenza biasa. Namun jika diikuti dengan gejala lainnya, maka sudah diduga anak menderita radang amandel.
  6. Sakit kepala dan nyeri pada bagian muka serta leher menunjukkan adanya radang pada amandel.
  7. Anak mendengkur ketika tidur. Dengkur terjadi ketika ada sumbatan pada jalan napas seseorang. Amandel yang meradang akan mengalami pembesaran ukuran sehingga menghalangi jalannya udara pernapasan di saluran tenggorokan, sehingga menyebabkan anak mendengkur. Jika anak mendengkur ketika tidur dapat diwaspadai adanya radang amandel.
  8. Pada pemeriksaan fisik amandel, radang menimbulkan warna merah pada amandel diikuti adanya bercak putih atau eksudat di permukaan tonsil.

Demikian gejala-gejala terserang radang amandel. Semoga bermanfaat.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.