Gaji kantor kurang? Ingin punya penghasilan tambahan? Bisnis online bersama d'BC Network telah terbukti melahirkan banyak jutawan baru.  klik di sini untuk informasi lebih lengkap. 

Fungsi Gigi Susu Pada Anak

Melihat tawa buah hati adalah hal yang menyenangkan. Tawa riang tanpa beban yang dikeluarkan dari lubuk hati yang terdalam. Bersahabat dengan dunia dan mempelajari sekitarnya agar cepat mandiri dan mampu mengeksplorasi lingkungan. Ketika sebuah benda putih mulai menyembul dibalik gusi si kecil yang biasa disebut dengan gigi maka si kecil memulai sebuah tahap perkembangan fisik yang menggembirakan. Gigi susu, demikian gigi ini disebut, akan tampak pada usia 6 bulan, walau tidak semua bayi akan tumbuh gigi susu pada usia itu.

Gigi susu tentunya tidak diciptakan secara sia-sia. Pasti memiliki fungsi. Fungsi gigi susu pada anak seperti apakah? Gigi memiliki struktur yang berlapis. Diantaranya adalah email gigi, pulpa, pembuluh saraf. Walau masih berupa gigi susu dan nantinya akan ganti dengan gigi tetap, tetap harus dijaga sedini dan sebaik mungkin. Mengapa? Karena gigi susu dalam kondisi sehat akan memberi manfaat maksimal.

Fungsi gigi susu pada anak diantaranya adalah untuk mengunyah. Bayi usia 6 bulan mulai dikenalkan pada makanan padat secara bertahap. Dengan beberapa gigi susu, sudah dapat untuk belajar mengunyah dan menelan. Karena keterampilan mengunyah ini harus diajarkan pada bayi mengingat tidak selamanya bayi memperoleh makanan lembut atau bubur.

Selain itu, fungsi gigi susu pada anak adalah untuk membantu melafalkan kata dengan benar. Beberapa kata akan dapat diucapkan dengan sempurna apabila didukung oleh gigi yang lengkap.

Gigi susu juga berfungsi sebagai tempat gigi tetap yang nantinya akan tumbuh menggantikan gigi susu. Ketika berusian 6 tahun, gigi susu akan tanggal satu persatu dan digantikan oleh gigi tetap. Gigi tetap akan tumbuh dengan rapi sesuai tempat yang telah disediakan. Adakalanya gigi susu belum tanggal ketika gigi tetap sudah muncul. Hal ini tidak bisa didiamkan. Segera menggoyang-goyangkan gigi dan berupaya agar gigi segera tanggal adalah pilihan bijak agar nantinya gigi tetap menjadi rapi susunannya. Tidak berjejal dan posisinya maju mundur.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.