Gaji kantor kurang? Ingin punya penghasilan tambahan? Bisnis online bersama d'BC Network telah terbukti melahirkan banyak jutawan baru.  klik di sini untuk informasi lebih lengkap. 

Fungsi Alat Pencernaan Pada Manusia

Alat pencernaan manusia merupakan rangkaian organ tubuh yang terdiri dari mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, dan anus, serta sistem kelenjar pencernaan yang memproduksi enzim pencernaan. Fungsi alat pencernaan pada manusia adalah untuk mengolah makanan menjadi senyawa yang berguna bagi kesehatan tubuh. Maka, tidaklah heran banyak masalah yang dimiliki oleh manusia jika saluran pencernaannya terganggu. Beragam penyakit muncul dari sistem pencernaan yang buruk. Kita semua akhirnya menjadi bertanggungjawab dengan makanan apa yang masuk ke dalam pencernaan, bagaimana membuat makanan bisa dicerna dengan baik agar tidak menimbulkan masalah, serta bagaimana cara menghindari berbagai jenis hal yang bisa mengganggu kelancaran pencernaan karena semua berawal dari sana.

Perjalanan makanan pada pencernaan manusia berawal dari mulut, melewati kerongkongan menuju lambung, masuk ke usus kecil, usus besar, menuju ke rektum dan berakhir di anus. Rongga mulut berfungsi mencerna makanan secara mekanik dan kimiawi, dengan bantuan lidah, gigi dan air liur. Lidah berfungsi sebagai indera pengecap yang memberikan informasi mengenai rasa dan suhu makanan yang kita makan. Gigi berperan untuk memotong, mengoyak dan menggiling makanan, sedangkan air liur berperan untuk pencernaan secara kimiawi dengan enzim.

Dari mulut, makanan masuk menuju ke kerongkongan, yang berfungsi menyalurkan makanan menuju lambung dengan gerakan peristaltik. Lambung merupakan organ berbentuk seperti kantung dengan kapasitas antara 1-2 liter makanan. Di dalam lambung, terjadi pencernaan makanan secara mekanik dengan bantuan otot polos pada dinding lambung. Terjadi pula pencernaan kimiawi dengan bantuan asam lambung dan enzim-enzim lainnya.

Selain menguraikan makanan secara mekanik dan kimiawi, fungsi alat pencernaan pada manusia adalah untuk menyerap saripati makanan, yang terjadi pada usus halus. Makanan bergerak dari lambung menuju usus halus, dan pada usus halus terjadi pencernaan kimiawi dengan bantuan enzim, dan penyerapan sari makanan ke dalam sel darah.

Dari usus halus, makanan yang tidak dapat dicerna dan tidak dapat diserap, seperti serat, lemak dan protein yang tidak terurai, akan bercampur dengan air dan diteruskan ke usus besar. Di sinilah terjadi simbiosis mutualisme antara bakteri Escherichia coli dengan fungsi alat pencernaan pada manusia. Bakteri E. coli akan menguraikan makanan yang tidak dapat dicerna pada proses sebelumnya serta memproduksi vitamin K dan vitamin H. Dinding usus besar kemudian menyerap vitamin dan air yang berlebih, sebelum meneruskan sisa makanan menuju rektum, sebelum dibuang keluar tubuh melalui anus.

Fungsi alat pencernaan pada manusia adalah untuk membuat tubuh lebih sehat dan kuat. Sehat berawal dari pencernaan yang baik dan bijak rasanya jika Anda memulai menjaga pencernaan Anda sejak hari ini juga.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.