Ingin punya bisnis sendiri? Ingin punya penghasilan tambahan? Yang satu ini bisa dikerjakan dari rumah atau dari mana pun saja!  Klik untuk info lebih lanjut! 

Faktor Penyebab Gangguan Pendengaran

Faktor penyebab gangguan pendengaran. Organ pendengaran memiliki peran krusial dalam sistem kerja tubuh manusia. Organ ini berhubungan dengan kemampuan berbicara dan keseimbangan tubuh. Dapat dibayangkan apa yang terjadi jika kita mengalami gangguan pendengaran.

Beberapa penelitian mengungkap faktor-faktor penyebab gangguan pendengaran. Pertama, faktor usia. Statistik menunjukkan bahwa proses penuaan adalah merupakan faktor dominan penyebab gangguan pendengaran. Sekitar 30% dari manula berusia lebih dari 65 tahun memiliki masalah pada pendengarannya. Manula dengan gangguan ginjal memiliki risiko lebih besar untuk mengalami gangguan pendengaran.

Faktor berikutnya, paparan terhadap suara keras. Bunyi bising bukan saja sangat mengganggu, tetapi juga dapat merusak pendengaran. Seorang pekerja bangunan yang terpapar suara dengan kekuatan lebih dari 80 desibel selama beberapa jam seharusnya diberikan kesempatan untuk tidur minimal 4 jam sebelum terpapar kembali. Jika tidak, ia bisa mengalami gangguan pendengaran menetap.

Faktor penyebab gangguan pendengaran. Selain itu, gangguan mendengar juga bisa disebabkan oleh faktor genetis. Seseorang yang dalam keluarganya terdapat riwayat gangguan pendengaran, memiliki kemungkinan lebih besar mengalami hal yang sama ketimbang orang lain dari keluarga yang bebas bisu-tuli. Pada bayi, gangguan pendengaran dapat bersifat bawaan terutama jika ia lahir prematur atau ibu mengalami komplikasi saat hamil.

Faktor lainnya adalah infeksi. Beberapa penyakit infeksi seperti campak dan meningitis dapat menyebabkan kerusakan pada telinga dan membuat pendengaran terganggu. Otitis media, sebuah penyakit yang menyerang telinga tengah pada anak-anak, dapat menyebabkan gangguan pendengaran bila tidak ditangani dengan baik. Penyakit ini memengaruhi mobilitas tulang-tulang pendengaran di dalam telinga. Getaran yang diteruskan ke telinga bagian dalam menjadi lebih lemah, dan dapat mengurangi kejernihan suara yang masuk ke telinga penderita.

Faktor penyebab gangguan pendengaran. Beberapa jenis obat dan substansinya seperti alkohol atau nikotin dapat membahayakan telinga Anda. Obat ini dikategorikan sebagai ototoksik, atau racun bagi pendengaran. Obat-obat yang mengandung bahan tersebut harus diawasi ketat pemakaiannya, harus tepat dosis maupun indikasi pemberiannya.

 

 

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.