Gaji kantor kurang? Ingin punya penghasilan tambahan? Bisnis online bersama d'BC Network telah terbukti melahirkan banyak jutawan baru.  klik di sini untuk informasi lebih lengkap. 

Efek Samping Tambal Gigi Crown

Tambal gigi crown (mahkota gigi) merupakan salah satu cara untuk memperbaiki kondisi gigi. Tambal gigi crown biasanya digunakan saat seseorang mengalami patah gigi, sehingga untuk memperoleh bentuk yang bagus seperti semula dilakukan tambal gigi crown, atau karena lubang pada gigi sudah terlalu besar. Teknik ini memang banyak digunakan, tapi bukan berarti para penggunanya bebas dari efek samping tambal gigi crown.

Salah satu efek samping tambal gigi crown diakibatkan bahan dasar pembuat crown itu sendiri. Crown dibuat dari porcelain. Porcelain yang ditempelkan pada gigi ini bisa pecah atau retak. Bila porcelain ini pecah, bisa diperbaiki atau diganti.

Tapi, bila pecah atau retaknya sangat parah justru dapat membuat gigi terasa sangat sakit. Maka, pemeriksaan rutin ke dokter gigi harus dilakukan agar dokter dapat mengecek apakah crown pecah, retak, atau baik-baik saja. Kerusakan pada crown dapat membuat gigi tidak terlindungi dan memicu kerusakan pada gigi. Selain itu, porcelain yang digunakan pada crown akan membentuk permukaan yang kasar sehingga bila terjadi gesekan pada gigi lain, akan mengikis enamel gigi yang lain.

Efek samping lainnya adalah crown dapat memicu penyakit gusi. Plak dapat mudah terbentuk pada gusi atau pada dasar crown (mahkota gigi). Plak ini dapat meningkatkan risiko sakit gusi. Crown pada gigi juga bisa longgar atau lepas. Hal ini dapat terjadi karena adanya kerusakan pada semen gigi yang menyangga crown. Bila crown ini terlepas, crown ini bisa tertelan dan masuk ke dalam perut tanpa dihancurkan sebelumnya karena crown yang terlepas ini bisa sangat kecil dan halus sekali. Selain itu, crown yang terlepas dapat menimbulkan ruang pada gigi. Ruang ini dapat menjadi tempat yang cocok bagi bakteri untuk berkembang biak dan akhirnya merusak gigi.

Ada baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter gigi Anda mengenai efek samping tambal gigi crown. Selain itu, bila Anda menggunakan tambal gigi crown, rajinlah memeriksakannya ke dokter untuk meminimalkan efek sampingnya.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.