Tersedia training online gratis dan sistem online marketing terkini termasuk web, sistem follow up dan randomizer.  klik di sini untuk info lebih lanjut. 

Efek Samping Obat Anti-Kolesterol Golongan Statin

Mengenali obat yang akan anda konsumsi adalah hal yang sangat baik. Ada beberapa Efek samping obat anti-kolesterol golongan statin yang harus anda ketahui. Kolesterol tinggi bisa menyebabkan seseorang memiliki banyak penyakit, seperti penyumbatan aliran darah pada arteri, hilangnya rangsangan dalam berhubungan suami istri, bahkan bisa menimbulkan disfungsi ereksi bagi laki-laki. Karena itu banyak orang yang terlalu memfokuskan pikirannya pada obat apa yang harus dia minum untuk menghilangkan penyakit ini tanpa menghiraukan apa efek yang akan ditimbulkan oleh obat tersebut. Teliti sebelum menggunakan obat anti-kolesterol adalah sangat dianjurkan, karena mungkin ada beberapa efek berbahaya yang akan ditimbulkan oleh obat tersebut, misalnya statin. Untuk jalan terbaik, anda bisa memilih obat-obatan herbal atau konsultasikan masalah anda ke dokter.

Apa Saja Efek Samping Obat Anti-Kolesterol Golongan Statin?

  • Statin dapat menimbulkan nyeri otot dan kerusakan otot
    Efek samping yang umum terjadi adalah nyeri otot. Rasa sakit yang ditimbulkan bisa berupa rasa ketidaknyamanan ringan, sampai betul-betul bisa mengganggu aktivitas seperti sulit naik tangga atau mudah lelah padahal hanya berjalan biasa. Walaupun amat jarang terjadi, konsumsi statin dosis tinggi dan atau dampak penggunaan obat lain bersamaan dengan statin bisa menimbulkan rhabdomyolysis yaitu kerusakan otot yang dapat menimbulkan kerusakan ginjal dan bahkan berpotensi kematian. Biasakan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum anda memutuskan menggunakan statin.
  • Statin dapat meningkatkan kadar gula dalam darah
    Jika anda menggunakan statin untuk menurunkan atau mencegah kolesterol, sebaiknya anda mengetahui penyakit apa yang anda derita dan tidak boleh menggunakan obat-obatan jenis statin. Karena mungkin saja Efek samping obat anti-kolesterol golongan statin berhubungan dengan penyakit yang anda derita. Misalnya diabetes, statin terbukti bisa meningkatkan kadar gula dalam darah, ini akan sangat berbahaya jika anda memang memiliki diabetes. Kadar gula dalam darah anda akan semakin meningkat dan bisa menyebabkan kematian. Bagi yang tidak memiliki diabetes, obat ini mungkin bisa mengarahkan anda kepada penyakit ini. Jika anda memang memutuskan untuk menggunakan statin, sebaiknya anda mengetahui berapa kadar gula dalam darah anda. Konsultasikan ke dokter apakah masih aman bagi anda untuk menggunakan statin.
  • Statin bisa menyebabkan gangguan pencernaan
    Walau terbilang langka, mual, kembung, dan konstipasi bisa terjadi setelah mengkonsumsi statin. Biasanya yang rentan terhadap ini adalah orang-orang yang pada dasarnya sudah memiliki masalah dengan pencernaan mereka. Mengkonsumsi obat pada malam hari setelah makan dapat meminimalisir hal ini.
  • Statin bisa menyebabkan kebingungan mental dan lupa ingatan
    Beberapa orang yang menggunakan statin pernah mengalami hal ini. Jika seseorang mengalami hal ini, jangan khawatir, Efek samping obat anti-kolesterol golongan statin ini bukanlah masalah serius. Masalah yang berkaitan dengan otak ini akan segera hilang jika penggunaan statin dihentikan. Segera laporkan ke dokter bila anda mengalaminya.

Kesimpulannya, efek samping bisa bermacam-macam, dan sangat mungkin kejadiannya berbeda bagi setiap individu. Biasakan selalu konsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum anda memutuskan untuk mencoba obat baru. Apalagi bila anda sudah terdiagnosa penyakit lain dan atau sedang dalam pengobatan penyakit lain.

Bagaimanapun juga, kolesterol adalah penyakit serius, jika kadar kolesterol dalam darah anda semakin meningkat, sangatlah mungkin akan ada beberapa penyakit lain yang akan menghampiri. Namun jika anda salah memilih obat, anda akan lebih merugi. Hal terbaik yang harus anda lakukan adalah mengubah gaya hidup anda. Makan makanan dengan pola yang seimbang dan olahraga adalah pilihan yang sangat tepat.

 

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.