Ingin punya bisnis sendiri? Ingin punya penghasilan tambahan? Yang satu ini bisa dikerjakan dari rumah atau dari mana pun saja!  Klik untuk info lebih lanjut! 

Efek Buruk Kafein untuk Kesehatan Gigi

Kopi merupakan salah satu jenis minuman paling populer di dunia. Selain rasanya yang nikmat, kandungan kafein di dalamnya juga mempunyai banyak khasiat bagi tubuh. Misalnya saja mengurangi risiko kanker, penyakit jantung, hingga mampu menahan rasa kantuk.

Di balik manfaatnya yang banyak, kafein yang didapat dari mengonsumsi kopi ternyata juga membawa efek buruk bagi kesehatan. Termasuk kesehatan gigi. Apa sajakah efek buruk kafein untuk kesehatan gigi?

Gigi Yang Tidak Putih Cemerlang
Mengonsumsi kopi secara terus menerus bisa membuat warna gigi kecokelatan. Hal ini terjadi karena warna kopi yang terus menerus merendam gigi saat meminumnya diam di permukaan gigi. Tak hanya kopi, minuman berkafein lainnya, seperti teh dan minuman bersoda juga bisa menyebabkan hal yang sama. Mengurangi jumlah konsumsi kafein dan juga meminumnya dengan menggunakan sedotan disarankan oleh para ahli sebagai cara untuk meminimalkan efek buruk pewarnaan gigi oleh kafein ini. Menemui dokter gigi secara teratur untuk membersihkan warna yang ditinggalkan kafein juga bisa menjadi alternatif pilihan dalam pengembalian gigi yang berwarna ini.

Kerusakan Lapisan Email Gigi
Efek buruk kafein untuk kesehatan gigi yang lainnya adalah kerusakan lapisan email gigi. Sebagaimana kita tahu, lapisan email gigi merupakan lapisan gigi terluar yang memberikan perlindungan dan penguat terhadap bagian gigi yang lebih dalam. Dalam sebuah penelitian dikatakan bahwa meminum kopi secara terus menerus bisa menyebabkan tergerusnya/meluruhnya lapisan email gigi. Seperti pada pewarnaan gigi, pengurangan jumlah kafein yang dikonsumsi setiap hari bisa mengurangi kerusakan ini.

Keretakan Gigi
Efek buruk kafein lainnya bagi gigi yang terakhir adalah keretakan gigi. Waktu yang berdekatan antara konsumsi kopi dengan waktu tidur bisa memperburuknya. Jika sudah terjadi demikian, keretakan gigi bisa memicu rasa sakit pada rahang serta kepala. Akibatnya, selama tidur dan sesudah tidur, Anda akan mengalami kesakitan hingga stres. Pengurangan konsumsi kopi, memperjauh waktu antara minum kopi dengan tidur, hingga menggunakan alat tertentu berdasarkan hasil konsultasi dengan dokter bisa mengurangi keretakan gigi.

Nah itulah di antaranya 3 efek buruk kafein untuk kesehatan gigi. Pastikan Anda mengonsumsi kopi dalam batas yang aman karena selain berakibat buruk, konsumsi kopi yang banyak bisa menyebabkan banyak keluhan di tubuh Anda. Semoga bermanfaat.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.