Tersedia training online gratis dan sistem online marketing terkini termasuk web, sistem follow up dan randomizer.  klik di sini untuk info lebih lanjut. 

Diet Natrium Bagi Penderita Tekanan Darah Tinggi

 

Penderita tekanan darah tinggi dikatakan tidak boleh mengonsumsi natrium yang terlalu banyak setiap harinya. Apa natrium itu dan apa hubungannya dengan garam? Natrium atau sodium adalah mineral yang banyak ditemukan kandungannya pada garam meja atau natrium klorida. Garam meja ini mengandung 40% natrium dan 60% klorida. Daging, ikan, telur, susu dan keju adalah produk makanan yang mengandung natrium. Adakah diet natrium bagi penderita tekanan darah tinggi?

Batasan konsumsi natrium bagi setiap orang per harinya adalah kurang dari 2400 mg. Tubuh manusia memerlukan natrium untuk bisa berfungsi dengan baik. Kita memerlukan konsumsi 250 mg natrium setiap hari yang didapatkan secara alami maupun dari produk makanan yang telah diproses. Di Eropa, konsumsi garam lebih sedikit daripada di Asia. Karena budaya dan cara memasak dan bahan masakan yang juga berbeda. Itulah sebabnya menjaga pola makan bagi penderita tekanan darah tinggi di Asia lebih sulit daripada di Eropa.

Yang harus diingat adalah dalam satu sendok teh garam terkandung natrium sebanyak 2400 mg. Bagaimana dnegan konsumsi rata-rata orang Asia yang angkanya mencapai 8000 mg per hari? Tentu saja mereka yang memiliki tekanan darah tinggi harus mau membatasi jenis makanan yang dikonsumsinya bila tidak ingin kondisi penyakitnya bertambah parah. Apa saja diet natrium bagi penderita tekanan darah tinggi itu?

Hindari atau batasi konsumsi makanan seperti produk daging yang telah diproses seperti hotdog, sosis, corned beef, ikan kering, keripik asin, kacang, kue kering mie instan, sayur atau buah kaleng, masakan fast food dan popocorn. Kurangi konsumsi natrium dengan cara tidak menambahkan garam ketika memasak, memilih makanan yang segar tanpa dibubuhi garam, membeli makanan dalam kemasan dengan kandungan garam yang minimum, membaca kandungan nutrisi di setiap label makanan sebelum membeli juga kurangi membeli makanan dari restoran atau cafe.

Lalu, bagaimana masakan bisa jadi enak tanpa garam? Tambahkan rempah-rempah yang kaya akan rasa, bawang merah dan bawang putih segar, perasan jeruk lemon, jahe, merica, dan garam laut yang tidak menimbulkan risiko naiknya tekanan darah tinggi. Ya, meski sulit untuk dimulai tapi diet natrium bagi penderita tekanan darah tinggi ini bisa dicoba dengan niat yang kuat untuk mendapatkan tubuh sehat kembali.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.