Gaji kantor kurang? Ingin punya penghasilan tambahan? Bisnis online bersama d'BC Network telah terbukti melahirkan banyak jutawan baru.  klik di sini untuk informasi lebih lengkap. 

Diet Ibu Menyusui

Diet ibu menyusui sepertinya merupakan sesuatu yang wajib dilakukan oleh para wanita karir yang baru saja melahirkan karena adanya tuntutan agar bentuk tubuhnya kembali ke kondisi semula. Di sisi yang lain bayi yang dilahirkan masih membutuhkan ASI yang notabene dihasilkan dari sari makanan yang ibu konsumsi. Pertanyaannya sekarang apakah aman diet semacam itu?

Pada masa menyusui, seorang ibu harus berusaha agar produksi ASI-nya lancar dan berkualitas. Seorang ibu tidak harus melakukan diet ketat agar kebutuhan nutrisi bayi melalui ASI terpenuhi, karena jika kandungan nutrisi dalam ASI berkurang dapat menghambat pertumbuhan bayi.

Sebaliknya banyak ibu menyusui yang berpendapat bahwa saat menyusui merupakan saat yang tepat untuk mengurangi berat badan. Berat badan yang dulu ketika hamil gemuk, maka sudah saatnya dikurangi pada masa menyusui. Untuk lebih jelasnya tentang diet sehat ibu menyusui, berikut ini beberapa tips yang perlu ibu ketahui agar tubuh menjadi langsing alami tanpa memberikan efek buruk bagi si buah hati.

1. Makanlah secara teratur dan kurangi porsi makan seperti makan pada saat sebelum hamil. Pada masa kehamilan seorang ibu diharuskan makan makanan yang banyak untuk mencukupi kebutuhan makanan janin. Namun kondisi ini berbalik ketika ibu menyusui. Kebutuhan energi pada 6 bulan pertama sejak kelahiran sebenarnya selama masa kehamilan telah disediakan oleh tubuh ibu. Ini adalah proses alami. Dengan demikian ibu menyusui tidak perlu menambah jumlah porsi makan.

2. Kurangi makanan berlemak dan berkalori tinggi seperti es krim, coklat, dan gorengan. Gantilah makanan tersebut dengan makanan dari sayur-sayuran dan buah-buahan segar. Sayur-sayuran dan buah-buahan dipercaya mengandung banyak serat, vitamin dan mineral dengan kandungan kalori yang sendah sehingga ibu berat badan ibu dapat turun namun kebutuhan gizi bayi tetap tercukupi. Buatlah jus buah dan sayuran bila perlu. Selain sehat, juga dapat mempercantik kulit ibu.

3. Banyak hasil penelitian yang menunjukkan bahwa selama 6 bulan pertama menyusui, berat badan ibu akan menurun sekitar 05-1 kg/bulan. Tentunya jika hal ini dibarengi dengan pola makan yang sehat dan olahraga yang teratur dapat mempercepat proses penurunan berat badan.

4. Untuk mendukung program diet ibu menyusui, dapat dilakukan dengan berolahraga seperti senam ibu menyusui. Kemudian lakukan pula aktivitas fisik ibu rumah tangga seperti memasak dan bersih-bersih sehingga kalori di dalam tubuh akan berkurang.

5. Ibu menyusui setidaknya minum air putih sebanyak 6-8 gelas per hari untuk mencukupi kebutuhan produksi air ASI. Dianjurkan pula minum susu ibu menyusui untuk mendukung kualitas ASI karena banyak mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan bayi untuk pertumbuhan. Sebaliknya hindari mengkonsumsi minuman beralkohol, kopi maupun teh karena kurang baik untuk kesehatan bayi.

Semoga tips diet ibu menyusui di atas dapat bermanfaat bagi Anda. Selamat mencoba!

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.