Gaji kantor kurang? Ingin punya penghasilan tambahan? Bisnis online bersama d'BC Network telah terbukti melahirkan banyak jutawan baru.  klik di sini untuk informasi lebih lengkap. 

Definisi Kanker Usus

Kanker usus adalah jenis kanker yang menyerang usus besar, bagian paling bawah dari sistem pencernaan Anda. Kanker rectal adalah jenis kanker yang menyerang bagian bawah beberapa inchi dekatnya dengan usus besar. Keduanya seringkali dikenal dengan nama kanker kolorectal atau kanker usus. Jadi, definisi kanker usus adalah kanker yang menyerang bagian pencernaan manusia yaitu usus besar.

Kebanyakan kasus kanker usus dimulai dengan kanker skala kecil yang biasa disebut polip, namun seiring waktu polip ini bisa berkembang membesar menjadi kanker usus. Polip bisa aja kecil dan menunjukkan jika ada gejala-gejala sebelumnya. Dokter selalu menganjurkan tes screening untuk membantu mencegah kanker usus dengan mengenali polip sebelum polip menjadi kanker. Gejala dan tanda-tanda kanker usus diantaranya adalah :

  • Mengalami perubahan dalam sistem kerja usus termasuk diare atau perut kembung atau susah buang air besar.
  • Mengalami pendarahan di area anus.
  • Merasa bahwa usus sepertinya tidak kosong sepenuhnya setelah melakukan buang air besar.
  • Lesu dan pusing.
  • Mengalami penurunan berat tubuh tanpa bisa menjelaskan.

Banyak orang yang mengalami gejala kanker usus di tahap awal prosesnya. Ketika gejalanya menghilang, gejalanya bervariasi tergantung ukuran kanker dan lokasinya di dalam usus besar. Definisi kanker usus memang harus dipahami sepenuhnya oleh setiap orang agar mereka bisa berjaga-jaga.

Jika Anda mengalami pendarahan ketika membuang air besar maka pertimbangkanlah untuk mengunjungi dokter dan berkonsultasi. Katakan pada dokter untuk mulai melakukan proses screening mendeteksi kanker usus bila Anda merasa gejalanya cocok dengan gejala kanker usus. Katakan pada dokter rekam medis Anda, apakah di keluarga ada yang pernah mengalami penyakit kanker atau tidak. Hal itu penting agar dokter bisa membuat diagnosa yang tepat.

Dalam beberapa kasus, seringkali dokter tidak bisa memastikan apakah memang ini kanker usus atau bukan. Dokter tahu bahwa kanker usus muncul ketika sel yang sehat di dalam usus menjadi teralihkan. Oleh karena itu, mengetahui definisi kanker usus dengan tepat sangatlah penting bagi setiap orang.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.