Tersedia training online gratis dan sistem online marketing terkini termasuk web, sistem follow up dan randomizer.  klik di sini untuk info lebih lanjut. 

Dampak Radiasi HP Terhadap Telinga

Telinga merupakan organ tubuh yang sangat vital sehingga wajib bagi kita untuk menjaganya dari berbagai macam efek buruk yang dapat merusak fungsi telinga. Dewasa ini, teknologi semakin canggih sehingga tuntutan hidup manusia juga semakin meningkat. Akibatnya, hampir semua orang memiliki telepon seluler alias handphone atau HP.

Setiap hari, penggunaan HP yang semakin meningkat pesat, bahkan sebagian masyarakat sudah menganggap HP sebagai kebutuhan primer. Namun, kurangnya pengetahuan membuat sebagian orang tidak sadar akan bahaya yang mengintai. Ternyata, Hp tidak hanya menimbulkan dampak yang buruk bagi lingkungan, melainkan memiliki dampak buruk terhadap telinga. Bagaimana prosesnya, sehingga muncul dampak radiasi HP terhadap telinga?

Sebenarnya, HP diciptakan untuk memberikan kemudahan pada manusia dalam berkomunikasi. Namun seiring berjalannya waktu, fungsi HP mulai meningkat dan tidak hanya sekedar untuk berkomunikasi saja, melainkan untuk mendengarkan musik, mengakses informasi, fotografer, video, dan masih banyak yang lainnya.

Apalagi, sekarang ini terdapat beberapa alat yang memudahkan Anda untuk mendengarkan Hp, yakni melalui earphone. Anda tidak perlu susah-susah memegang Hp, karena dengan alat bantu tersebut Anda tetap bisa menikmati alunan musik ataupun berkomunikasi. Jadi, efek samping dari penggunaan handphone yang mempengaruhi telinga biasanya berkaitan dengan volume suara dan jarak dengar.

Jadi, semakin keras volume Hp dan semakin dekat jarak dengar HP terhadap telinga maka efek yang ditimbulkan juga semakin besar, lalu apa sajakah dampak radiasi HP terhadap telinga? Diantaranya menyebabkan terjadinya peningkatan bunyi atau resonansi. Begitupun dengan frekuensi penggunaan HP, terlalu lama telinga kita mendengarkan suara bising, maka akan menyebabkan kelelahan otot pendengaran.

Untuk mencegah dampak radiasi HP terhadap telinga, Anda bisa memulai dengan pola hidup yang sehat, diantaranya :

  • Matikan HP saat Anda tidur agar gelombang elektromagtenik tidak menyerang organ tubuh.
  • Lapisi HP dengan alumunium untuk memproteksi gelombang elektromagnetik, mengingat banyaknya efek buruk yang ditimbulkan gelombang elektromagnetik yakni : pusing, susah tidur, telinga berdenging, dan daya tahan tubuh menurun.
  • Jangan gunakan HP terlalu dekat dengan telinga
  • Jangan menggunakan HP terlalu lama
  • Jika terjadi gangguan pendengaran, maka segera konsultasi ke dokter THT agar dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

 

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.