Gaji kantor kurang? Ingin punya penghasilan tambahan? Bisnis online bersama d'BC Network telah terbukti melahirkan banyak jutawan baru.  klik di sini untuk informasi lebih lengkap. 

Dampak Penggunaan Headset Terhadap Telinga

Telah diketahui sejak lama bahwa suara yang keras dalam jangka waktu panjang akan merusak pendengaran. Kadangkala suara itu sangat merusak sehingga menyebabkan ketulian. Suara bising di tempat kerja merupakan penyebab paling umum yang bisa merusak daya dengar. Para remaja telah diberitahu mengenai bahaya ini karena mereka suka sekali mendengarkan musik yang sedang hits dalam volume tinggi.

Remaja dan kaum muda juga senang mendengarkan lagu sambil memakai headset. Jika suara dari headset terlalu keras, mereka tidak menyadari dampak penggunaan headset terhadap telinga mereka. Dengan sering memakai headset tanpa disadari mereka sedang merusak pendengaran mereka sendiri. Mendengarkan MP3 atau playlist lagu dengan suara keras dan langsung dihembuskan ke dalam telinga sangatlah berbahaya.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa penggunaan headset dan memainkan music dengan suara keras setiap hari selama lima tahun bisa menyebabkan kerusakan permanen dan masalah gangguan telinga yang tidak dapat disembuhkan. Lima tahun rasanya lama sekali, tetapi mendengarkan music melalui headset dalam jangka waktu panjang setiap hari akan menimbulkan efek yang sama dalam waktu yang lebih singkat.

Seberapa keras yang disebut terlalu keras dan menimbulkan dampak penggunaan headset terhadap telinga itu? Sekarang ini, batas maksimum suara untuk pendengaran manusia adalah 100 desibel, tetapi mendengarkan music di angka 80 desibel secara kontinyu juga sangat berbahaya.

Gambarannya seperti ini, orang yang mendengarkan music melalui headset dengan volume tertinggi selama 5 jam mendapat dosis suara yang lebih dari yang diijinkan oleh aturan keselamatan dan kesehatan bagi para pekerja bangunan. Mendengarkan music secara langsung di telinga dengan tingkat suara 100 desibel sama bahayanya dengan berdiri 3 meter di dekat mesin pengeboran yang bersuara keras.

Jenis headset seperti apa yang berbahaya? Jika suara yang didengar cukup keras maka semua jenis headset memiliki kapasitas merusak pendengaran kita. Jenis headset yang berbentuk bulat kecil dan digunakan hanya dengan cara dimasukkan ke dalam telinga lebih berbahaya dibandingkan headset yang menutupi telinga secara keseluruhan. Itulah beberapa dampak penggunaan headset terhadap telinga Anda.

 

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.