Gaji kantor kurang? Ingin punya penghasilan tambahan? Bisnis online bersama d'BC Network telah terbukti melahirkan banyak jutawan baru.  klik di sini untuk informasi lebih lengkap. 

Ciri-ciri Kemandulan

Salah satu penyebab sulitnya memperoleh keturunan dari pasangan suami istri adalah faktor kemandulan, yang seperti diketahui kemandulan itu bukan dimonopoli oleh kaum wanita saja, karena ternyata wanita hanya menduduki sepertiga dari total kasus kemandulan, sepertiganya dari faktor laki-laki dan sisanya adalah gabungan antara keduanya. Faktor endometriosis, gangguan ovulasi, mioma dan gangguan servis adalah faktor kemandulan dari pihak wanita.

Sebenarnya apakah ciri-ciri kemandulan itu?

Yang pertama bisa dikenali dari faktor endometriosis yang terjadi pada wanita usia 20-35 tahun, ini terlihat pada siklus menstruasi wanita yang sepertinya normal, namun jaringan endometrium diluar rahim juga akan mengalami masa penebalan akibat pengaruh hormon. Ketika akan luruh seperti menstruasi, terlihat endometrium yang ada diluar tidak bisa lepas, akhirnya hanya timbul pendarahan saja. Namun lama kelamaan terjadi parut dan perlengketan, terutama pada tuba falopii atau ovarium serta sekitar fimbriae tuba, sehingga pelepasan sel telur  menjadi terhambat . Maka wanita dengan kondisi ini biasanya akan mandul.

Bila wanita mengalami haid tak teratur, atau bahkan sama sekali tidak haid, maka inilah ciri-ciri kemandulan, karena terjadinya gangguan ovulasi sehingga sel telur sulit atau tak bisa dibuahi. Sedang pada pria, kemandulan disebabkan karena tersumbatnya saluran sperma, terganggunya keseimbangan hormone, penyakit menular seksual dan varicoceles. Dalam varicoceles, terlihat pada pria membesarnya pembuluh darah vena dibagian skrotum dan ini sangat menganggu sirkulasi darah. Hal ini ditemukan 15% diderita oleh pria, sedang 40% penderita ini bisa menderita mandul.

Nah, bila Anda melihat pasangan suami istri yang lama menikah, namun belum dikaruniai momongan juga maka bisa dilihat secara kasat mata apakah ciri-ciri kemandulan yang bisa didapatkan, yakni pada pihak pria, suka minum-minuman keras, merokok, sering berendam di air panas, memangku laptop saat dalam bekerja.  Bisa juga karena ia olahragawan ingin membesarkan otot tubuhnya, maka menggunakan hormon testosteron yang ternyata berpengaruh pada kemandulan. Untuk itu ubahlah pola dan gaya hidup tak positif, olah raga teratur dan cukup istirahat, maka menimang buah hati bukan lagi sebagai impian.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.