Tersedia training online gratis dan sistem online marketing terkini termasuk web, sistem follow up dan randomizer.  klik di sini untuk info lebih lanjut. 

Ciri-Ciri Apa Saja Yang Terlihat Pada Penderita HIV?

Mengenali gejala dan ciri dari HIV itu sangat penting bagi setiap orang. Kenapa? Karena diagnosa dini bisa mencegah kita dari penyakit yang serius dan mematikan. Perawatan dini juga akan mengurangi peluang menyebarnya virus kepada orang lain. Ciri-ciri apa saja yang terlihat pada penderita HIV itu? Yuk, kita simak informasi penting ini.
Yang harus diingat adalah virus HIV akan menular melalui kontak fisik atau melalui pertukaran cairan tubuh atau darah. Kontak seksual dengan penderita HIV akan membuat kita tertular virus tersebut. Berbagi jarum suntik dengan orang yang terinfeksi HIV juga akan membua virus berpindah pada tubuh yang sehat.

Beberapa gejala Awal Terinfeksi HIV

  1. Gejala dini infeksi HIV akan berkembang sejak dua sampai empat minggu setelah terinfeksi. Gejala yang terlihat bisa jadi mirip dnegan gejala penyakit umum lainnya seperti flu atau pilek. Biasanya orang tidak sada bahwa mereka terinfeksi virus HIV. Ketahuilah bahwa infeksi awal HIV ini sangatlah menular karena sejumlah besar virus sudah berada dalam darah dan cairan tubuh. Dengan tahu gejala dari awal, perawatannya akan membantu menurunkan risiko penyebaran terhadap orang lain.
  2. Ciri lainnya yang umum terlihat adalah demam yang tinggi yaitu sekitar 38 derajat celcius, tenggorokan kering, sakit kepala dan nyeri sendi atau otot. Gejala seperti flu ini bertahan sampai dua minggu lamanya. Di minggu berikutnya, penderita HIV akan merasakan bengkak pada kelenjar seperti di daerah ketiak dan leher. Meskipun kemudian bengkaknya mengecil namun bekasnya akan terlihat.
  3. Gejala lainnya bisa dilihat pada mulut dan daerah genital. Penderita akan merasakan sakit di daerah tersebut termasuk anus dan penis atau vagina. Ruam juga akan muncul setelah dua atau tiga hari demam. Ruam ini biasanya muncul di daerah wajah, leher, dada bagian atas atau kemudian menyebar ke daerah lain pada tubuh. Ruam ini akan bertahan 5 sampai 8 hari. Penderita juga akan kesulitan menelan atau bermasalah dengan pencernaan. Sakit kepala, muntah, diare, tidak nafsu makan dan kehilangan berat badan adalah cirinya.
  4. Batuk kering yang tak kunjung tuntas juga merupakan ciri orang yang terinfeksi HIV. Jika gejala awal ini tidak dirawat dengan baik maka virus akan membuat tubuh lemah dan kehilangan sistem kekebalan tubuh. Proses ini berbeda pada setiap penderita. Ketika kekebalan tubuh sudah terserang, yang biasanya terjadi setelah beberapa tahun, penderita HIV bisa terinfeksi oleh organisme lain yang biasanya tidak menyebabkan penyakit pada orang sehat.

Itulah yang sedikit informasi ketika ada orang yang bertanya ciri-ciri apa saja yang terlihat pada penderita HIV. Semoga setiap orang menjadi lebih waspada.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.