Tersedia training online gratis dan sistem online marketing terkini termasuk web, sistem follow up dan randomizer.  klik di sini untuk info lebih lanjut. 

Cara Mudah Menerapkan Pola Hidup Sehat bagi Penderita Diabetes

Pola hidup sehat bagi penderita diabetes sebenarnya tidak jauh berbeda dengan pola hidup sehat yang diterapkan pada umumnya. Diabetes telah menjadi momok saat ini dengan peningkatan penderita diabetes per tahunnya. Penderita diabetes dianggap tidak lagi bias mengkonsumsi berbagai jenis makanan  dengan bebas untuk mencegah peningkatan kadar insulin ataupun gula dalam darah. Sebenarnya, yang perlu dilakukan adalah pengontrolan gula darah secara optimal dengan menerapkan asupan gizi seimbang.

Pola Hidup Sehat bagi Penderita Diabetes: Pola Makan

Ada tiga rumus utama pola makan bagi penderita diabetes yang harus mereka gunakan sebagai pola hidup sehat mereka yaitu asupan gizi tinggi, rendah lemak dan cukup kalori. Penderita diabetes tidak serta merta harus menghindari segala bentuk sumber kalori, sebab zat ini tetap diperlukan dalam proses metabolisme. Hal yang diperlakukan adalah pembatasan asupan  serta selektif memilih jenis sumber kalori untuk menjaga kadar gula darah dalam batas normal. Penderita diabetes juga tidak diharuskan meningkatkan kadar protein, terutama protein hewani, sebab hal ini dapat meningkatkan kadar insulin dalam darah.

Makanan sehat bagi penderita diabetes diawali dengan pemilihan sumber karbohidrat. Sangat disarankan memilih sumber karbohidrat dari makanan kaya serat seperti sereal dan oatmeal. Makanan kaya serat membantu menjaga porsi tetap stabil dan lebih cepat kenyang, serta karbohidrat diserap lebih lambat dan secara berkala di dalam tubuh. Beras merah juga lebih disarankan dalam diet sehat ini. Pemilihan lemak juga berkaitan dengan pola hidup sehat ini. Pilihlah lemak tak jenuh yang mengandung asam lemak omega 3. Nutrisi ini dapat ditemukan pada ikan seperti salmon, tuna dan mackerel. Sangat disarankan bagi penderita diabetes untuk membuat jurnal menu makanan harian untuk mengevaluasi jenis dan jumlah asupan gizi yang dikonsumsi per hari.

Pola Hidup Sehat Untuk Mereka Yang Menderita Diabetes: Berat Badan Proporsional

Pengaturan pola diet sehat ini juga harus diimbangi dengan menjaga berat badan secara proporsional. Berat badan ideal membantu proses metabolisme lebih lancar serta meringankan beban kerja organ-organ vital dalam tubuh. Bagi penderita diabetes yang kelebihan berat badan, penurunan berat badan 5 sampai 10 persen dari berat badan semula berkontribusi untuk menstabilkan kadar gula, kolesterol, dan tekanan dalam darah. Olahraga rutin seperti jogging, jalan cepat, atau jalan santai sepanjang kurang lebih 1-2 kilometer per hari membantu menjaga kondisi badan tetap bugar. Perlu diperhatikan, dengan kondisi kesehatan spesifik pada penderita diabetes, usahakan olahraga yang dilakukan tidak menyebabkan kelelahan dan berkeringat terlalu banyak. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah mencegah terjadinya luka untuk mendukung pola hidup sehat bagi penderita diabetes.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.