Ingin punya bisnis sendiri? Ingin punya penghasilan tambahan? Yang satu ini bisa dikerjakan dari rumah atau dari mana pun saja!  Klik untuk info lebih lanjut! 

Cara Merawat Gigi Berlubang

Gigi yang berlubang umumnya dapat menimbulkan sakit gigi atau rasa ngilu. Adanya lubang pada gigi ini terjadi karena pengeroposan pada gigi yang berlangsung secara terus menerus. Bagaimana cara mengenali gigi berlubang?  Bagaimana cara merawat gigi berlubang? Artikel berikut mencoba menjawab pertanyaan tersebut sampai tuntas.

Bagaimana mengenali gigi berlubang?

Kadangkala gigi berlubang tidak dapat Anda lihat secara jelas karena letaknya yang jauh tersembunyi dan kurangnya perhatian untuk melihat langsung kondisi gigi secara berkala. Untuk mengenali gigi berlubang, cobalah sekarang Anda lihat gigi Anda melalui cermin kemudian Anda sorot dengan lampu senter. Jika dijumpai ciri-ciri seperti di bawah ini, maka segeralah periksa gigi Anda ke dokter gigi terdekat.

Jika gigi Anda tampak bintik-bintik hitam pada permukaan gigi dan belum menyebabkan rasa sakit gigi maka dapat disimpulkan gigi Anda terdapat lubang kecil. Konsultasikan dengan dokter gigi Anda segera, kemungkinan besar gigi Anda masih dapat diperbaiki.

Jika bintik-bintik tersebut dibiarkan maka lubang pada permukaan gigi semakin besar dan dalam (masih pada lapisan email) disertai rasa ngilu ketika mendapat rangsangan manis. Pada kondisi ini, gigi Anda masih dapat ditambal yang disertai pengobatan dari dokter gigi.

Jika dibiarkan berlanjut, maka kondisi gigi Anda semakin parah. Lubang semakin membesar dan dalamnya mencapai lapisan tulang gigi (dentin). Pada kondisi ini Anda akan merasakan ngilu ketika mendapatkan rangsangan panas maupun dingin.  Segera bawa ke dokter gigi. Anda mungkin membutuhkan perawatan intensif dan perlu pelapis atap syaraf gigi sebelum dilakukan penambalan.

Jika kondisi di atas dibiarkan terus-menerus, maka pulpa (syaraf) gigi mengalami peradangan sehingga gigi menjadi sakit dan menimbulkan rasa berdenyut. Jika Anda berbaring rasa sakitnya semakin bertambah kuat. Jika dibawa ke dokter gigi maka syaraf pada gigi perlu dimatikan terlebih dahulu, kemudian dirawat, diawetkan dan ditambal.

Jika tahap di atas dibiarkan lagi, maka jaringan pada gigi akan semakin terkikis habis sehingga terlihat warna hitam karena besarnya lubang. Kadang kondisi ini disertai infeksi pada gigi yang menyebabkan gusi membengkak hingga pipi.
Parahnya jika kondisi gigi berlubang Anda mulai bergoyang maka menandakan jaringan tulang pendukung gigi Anda sudah hilang sehingga memerlukan pencabutan gigi.

Bagaimana cara merawat gigi berlubang?

Jika Anda sudah terindikasi ada gigi yang berlubang, maka segeralah periksa ke dokter gigi.  Setelah melakukan pemeriksaan, dokter akan memberitahukan tingkat kerusakan lubang pada gigi Anda. Selanjutnya dokter akan memberikan perawatan apa saja yang diperlukan sebelum dilakukan pengobatan dan penambalan gigi. Biasanya dokter akan memberikan saran untuk merawat gigi berlubang seperti berikut ini :

  • Hindari makanan dan minuman manis atau asam untuk mencegah terjadinya rasa ngilu.
  • Hindari pula makanan atau minuman panas dan dingin.
  • Sikat gigi secara perlahan, mulai dari bawah ke atas. Lakukan minimal dua kali sehari yaitu pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur
  • Gunakan pasta gigi khusus berlubang yang mengandung flouride untuk mencegah pembesaran lubang pada gigi.
  • Gunakan sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut. Untuk menjangkau bagian terdalam, gunakan pasta gigi anak-anak yang ukurannya lebih kecil.
  • Konsumsi multivitamin yang dapat membantu penyerapan kalsium untuk menguatkan gigi yang berlubang.

Jika perawatan sudah Anda lakukan maka tahap berikutnya dokter akan melakukan pengobatan. Jika kondisinya sudah membaik (rasa ngilu sudah tidak dirasakan lagi), maka dokter akan melakukan penambalan gigi Anda.

Demikian artikel mengenai cara merawat gigi berlubang. Jika Anda masih ragu terhadap kesehatan gigi Anda, maka alangkah baiknya untuk memeriksakan gigi Anda sejak dini. Semakin awal Anda memeriksakan gigi, semakin cepat penanganannya dan semakin sedikit uang dan tenaga yang harus Anda keluarkan.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.