Gaji kantor kurang? Ingin punya penghasilan tambahan? Bisnis online bersama d'BC Network telah terbukti melahirkan banyak jutawan baru.  klik di sini untuk informasi lebih lengkap. 

Cara Menjaga Kesehatan Telinga

Telinga merupakan salah satu indera vital bagi tubuh. Selain sebagai indera pendengaran, telinga juga merupakan indera keseimbangan. Jika terjadi gangguan pada telinga, akibatnya bisa fatal hingga kehilangan pendengaran. Untuk itu perlu diketahui cara menjaga kesehatan telinga dengan baik.

Hal pertama yang harus diingat adalah jangan terlalu sering membersihkan telinga menggunakan korek kuping (cotton buds). Para ahli THT berpendapat bahwa membersihkan telinga dengan korek kuping merupakan kebiasaan kurang baik. Korek kuping dapat membuat kotoran telinga (serumen) terdorong ke dalam hingga masuk ke dalam cekungan dekat gendang telinga. Jika mengendap terlalu lama, kotoran dapat mengeras di liang telinga. Selain itu kapas yang tertinggal dapat menyumbat gendang telinga dan menyebabkan pendengaran berkurang.

Korek kuping sebaiknya digunakan secara hati-hati untuk membersihkan kotoran di daun telinga dan bukan di liang telinga. Serumen di sekitar liang telinga diperlukan untuk melindungi telinga, termasuk mengangkat debu dari luar supaya tidak masuk ke telinga. Saat menggunakan korek kuping, berhati-hatilah, jangan sampai menggores atau menusuk telinga karena bisa menyebabkan infeksi. Jika pendengaran terganggu karena serumen yang sangat menumpuk, periksakan ke dokter THT. Jangan sekali-kali membersihkan telinga dengan jari atau benda runcing lainnya.

Cara menjaga kesehatan telinga yang lain adalah dengan mengurangi intensitas kebisingan pada telinga. Hal yang bisa dilakukan adalah menjauhi suasana yang terlalu bising, seperti jalan raya atau menonton konser musik. Apabila bekerja di pabrik dengan mesin yang sangat bising, gunakan pelindung telinga untuk mengurangi intensitas kebisingan. Kurangi juga penggunaan earphone, karena tanpa disadari pemakaian earphone dalam jangka panjang dapat menyebabkan gangguan pada indera pendengaran.

Cara menjaga kesehatan telinga juga dilakukan dengan mengunjungi dokter THT secara rutin.  Bagi anak-anak, disarankan untuk pergi ke dokter THT 6 bulan sekali. Sedangkan bagi orang dewasa, jika tidak ada kelainan anatomi dan telinga dalam keadaan sehat, cukup setahun sekali. Jika ada gejala gangguan telinga yang tidak jelas penyebabnya, segera konsultasikan dengan dokter THT.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.