Tersedia training online gratis dan sistem online marketing terkini termasuk web, sistem follow up dan randomizer.  klik di sini untuk info lebih lanjut. 

Cara Mengontrol Gula Darah

Kunci sukses pengobatan diabetes yaitu dengan cara mengontrol gula darah. Naik turunnya gula darah disebabkan oleh aktivitas dan makanan yang dikonsumsi. Jika kadar gula dalam darah naik, maka perlu diturunkan. Namun jika kadar gula darah turun maka hanya perlu distabilkan. Idealnya gula darah normal rata-rata manusia yaitu sekitar 4 mM (4 mmol/L atau 72 mg/dL). Kondisi gula darah yang tinggi dinamakan hiperglikemia. Sebaliknya jika gula darah rendah dinamakan hipoglikemia.

Bagaimana cara mengetahui kadar gula darah?

Diabetes biasanya ditandai oleh tingginya kadar gula darah (hiperglikemia). Diabetes juga merupakan penyakit yang paling menonjol yang berhubungan dengan gagalnya mengontrol gula darah. Sebelum Anda mengontrol gula darah, terlebih dahulu Anda perlu memeriksakan kadar gula darah Anda. Selain melalui dokter, Anda juga dapat memeriksa kadar gula sendiri di rumah dengan alat tes gula darah (Self Monitoring of Blood Glucose) yang terdiri dari : jarum/lancet, tes strip, dan meter (gluco meter).

Jika hasilnya kadar gula darah tinggi, bagaimana cara mengontrol gula darah yang benar?

Jika Anda telah mengetahui kadar gula darah, maka dapat diketahui apakah Anda mengalami hiperglikemia atau hipoglikemia. Jika Anda menderita hiperglikemia, maka perlu dilakukan usaha mengontrol gula darah yaitu dengan cara :

1. Olahraga secara teratur

Luangkan waktu sedikitnya 20-30 menit setiap hari untuk berolahraga. Olahraga yang teratur dapat mengurangi resistensi insulin. Olahraga lari pagi dan senam aerobik merupakan olahraga terbaik untuk menurunkan kadar gula darah. Ketika berolahraga sebaiknya Anda hindari konsumsi minuman energi yang manis karena gula darah yang telah dibakar akan segera digantikan oleh minuman berenergi yang manis tersebut.

2. Tambahkan serbuk kayu manis ketika makan

Berdasarkan hasil penelitian ternyata serbuk kayu manis mampu meningkatkan sensitivitas insulin. Dengan meningkatnya sensitivitas insulin maka sedikit hormon insulin yang dibutuhkan untuk menjaga kadar gula darah. Caranya taburkan serbuk kayu manis di atas makanan pencuci mulut. Tanpa mengurangi rasa, kayu manis dapat menekan kadar gula darah Anda.

3. Jika ingin ngemil, makanlah biji bunga matahari

Sewaktu kecil Anda mungkin sering makan kwaci atau biji bunga matahari. Berdasarkan sebuah studi ternyata biji bunga matahari dapat melawan resistensi insulin karena kandungan magnesiumnya yang tinggi namun tidak mempengaruhi kadar gula darah Anda.

4. Minumlah jus buah ketika belum waktunya makan namun sudah lapar

Tidak semua jus buah baik untuk kesehatan penderita diabetes. Buatlah jus buah tanpa menggunakan gula tambahan. Ketika Anda lapar, jus buah ini mampu mensuplai kebutuhan gula darah Anda karena kandungan gula alaminya. Adapun jus buah yang layak dikonsumsi yaitu apel, jeruk, pir, jambu, alpukat, pepaya, markisa, anggur, melon, dan tomat. Sedangkan jus buah yang harus dihindari yaitu durian, mangga matang, pisang, nanas matang, sawo dan sirsak.

5. Konsumsi obat herbal

Obat herbal dari ekstrak buah mengkudu, bawang putih dan cuka apel dipercaya mampu menurunkan kadar gula dalam darah. Minumlah setelah makan karena dapat membantu mengontrol gula darah Anda tetap stabil.

Demikian artikel seputar cara mengontrol kadar gula darah. Semoga bermanfaat!

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.