Tersedia training online gratis dan sistem online marketing terkini termasuk web, sistem follow up dan randomizer.  klik di sini untuk info lebih lanjut. 

Cara Mengobati Infeksi Telinga

Infeksi yang terjadi pada tubuh sebagian besar ditimbulkan oleh adanya bakteri atau virus. Infeksi pada telinga bagian tengah (otitis media) adalah peradangan telinga bagian tengah akibat penjalaran infeksi dari tenggorokan. Infeksi ini dapat terjadi karena beberapa hal, misalnya terkena flu, batuk, radang tenggorokan, atau gendang telinga terkena air (misalnya pada saat berenang). Untuk mengatasi otitis media, berikut ini adalah cara mengobati telinga infeksi.

Berdasarkan perjalanan klinisnya, otitis media dapat dibagi menjadi otitis media akut (mendadak) atau otitis media kronis (proses jangka panjang). Otisis media akut sering diawali dengan infeksi pada saluran napas, yang menyebar ke telinga tengah melalui saluran Eustachius. Sebagai akibatnya terjadi pembengkakan di sekitar saluran dan menyebabkan saluran tersumbat. Akibat terjadi radang, maka sel darah putih membunuh bakteri dan membentuk nanah dalam telinga tengah.

Pembengkakan di sekitar saluran juga menyebabkan lendir yang dihasilkan sel di telinga tengah terkumpul dibelakang gendang telinga. Jika lendir dan nanah bertambah banyak, maka pendengaran akan terganggu, dan jika cairan sudah terlalu banyak, maka gendang telinga bisa robek karena tekanannya. Jika kondisi otitis media akut sudah berlangsung selama 6 minggu, maka otitis media akut dapat berlanjut menjadi otitis media kronik, baik yang supuratif (gendang telinga pecah) maupun non supuratif (gendang telinga utuh).

Walaupun sebagian besar kasus otitis media disebabkan oleh bakteri, cara mengobati telinga infeksi tidak selalu membutuhkan antibiotik. Hal ini dimungkinkan karena tanpa antibiotik pun saluran Eustachius akan terbuka kembali sehingga bakteri akan tersingkir bersama aliran lendir. Antibiotik yang biasa digunakan adalah Amoxicilin, yang biasa diresepkan untuk 10 hari.

Selain menggunakan obat-obatan, cara mengobati infeksi telinga adalah mencegah terjadinya infeksi pada telinga. Salah satu caranya adalah dengan lebih berhati-hati saat membersihkan daun telinga dengan korek kuping, jangan sampai kotoran terdorong terlalu dalam ke telinga bagian tengah. Jangan gunakan pengorek dari besi atau baja yang agak tajam, yang bisa menyebabkan infeksi.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.