Tersedia training online gratis dan sistem online marketing terkini termasuk web, sistem follow up dan randomizer.  klik di sini untuk info lebih lanjut. 

Cara Melatih Anak Untuk Berpuasa

Jika anak anda mulai beranjak remaja anda perlu mengetahui cara melatih anak untuk berpuasa. Ibadah puasa merupakan ibadah wajib yang perlu ditanamkan sejak kecil karena jika tidak dibiasakan anak akan cenderung meninggalkan ibadah ini. Karena masa remaja merupakan masa pubertas dimana nafsu makan anak cenderung bertambah, melatih anak untuk berpuasa bukanlah hal yang mudah. Diperlukan cara khusus agar anak mau mulai berlatih untuk berpuasa. Berikut ini adalah tips cara melatih anak untuk berpuasa.

Cara #1: Menjelaskan Makna Ibadah Puasa Pada Anak

Sebelum anda memerintah anak untuk berpuasa, akan jauh lebih baik lagi jika anda mengawalinya dengan memberi pengetahuan tentang Ramadhan dan ibadah puasa. Sampaikanlah dengan bahasa anak-anak yang menarik dan menyenangkan misalnya dengan cerita Islami. Selain itu yang terpenting adalah orangtua harus memberi contoh anak berpuasa.

Cara #2: Melakukan Puasa Bertahap

Setelah menjelaskan makna Ramadhan dan ibadah puasa, cara melatih anak untuk berpuasa selanjutnya adalah melakukan puasa secara bertahap, yaitu menjalankan puasa setengah hari bagi anak. Dengan puasa anak akan berlatih makan pada saat lapar dan menghindari makan yang terlalu kekenyangan. Jika anak terbiasa dengan hal ini, latihlah anak untuk berpuasa penuh.

Cara #3: Memberikan Menu Lezat Dan Bergizi Bagi Anak

Anak-anak lebih mudah tergoda terhadap makanan karena mereka masih dalam masa pertumbuhan dimana nafsu makan masih besar. Dalam hal ini orangtua harus mendukung usaha anak untuk berpuasa dengan menyembunyikan makanan kesukaan anak saat anak berpuasa. Tetapi saat anak berbuka hendaknya orangtua memberikan menu favorit anak yang bergizi sehingga anak akan bersemangat saat berpuasa. Agar stamina anak tetap terpenuhi, pada malam hari berilah anak multivitamin atau madu, susu juga baik untuk cadangan energi anak sehingga anak kuat untuk berpuasa.

Cara #4: Mengajak Anak Beribadah Langsung Saat Bulan Ramadhan

Jika anda ingin anak anda semakin meresapi nilai-nilai Ramadhan dan ibadah puasa, anda harus mengajak anak anda terlibat langsung dalam melaksanakan serangkaian ibadah puasa, seperti shalat tarawih dan tadarus. Agar anak tidak membuat kegaduhan di tempat ibadah, dampingilah mereka dan berilah contoh beribadah yang benar.

Selain keempat cara melatih anak untuk berpuasa di atas, agar anak anda tetap bersemangat untuk melakukan ibadah puasa penuh, berilah motivasi dan dukungan, memberikan reward juga bisa dilakukan jika perlu.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.