Ingin punya bisnis sendiri? Ingin punya penghasilan tambahan? Yang satu ini bisa dikerjakan dari rumah atau dari mana pun saja!  Klik untuk info lebih lanjut! 

Buah-buahan yang Cocok Untuk Penderita Diabetes

Diabetes atau yang juga dikenal dengan istiah kencing manis adalah salah satu jenis penyakit yang cukup berbahaya jika tidak segera diobati dan penderita tidak mengikuti pantangan-pantangannya. Salah satu pantangannya adalah harus menjaga pola makan. Penderita Diabetes Melitus terutama Diabetes tipe ke 2 harus benar-benar menjaga pola makannya jika tidak ingin kadar gulanya tinggi. Penjagaan pola makan ini salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan-makanan maupun minuman-minuman yang tidak mengandung kadar glukosa yang tinggi.

Untuk makanan-makanan seperti masakan dan camilan juga minuman-minuman bisa diakali dengan tidak menambahkan terlalu banyak gula. Tapi bagaimana dengan buah-buahan yang alaminya mengandung kadar gula/glukosa alami? Untuk mengetahui buah-buah mana saja yang aman dan baik dikonsumsi oleh penderita Diabetes Melitus ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu tentang Indeks Glikemik atau yg lebih dikenal dengan GI.

Indeks Glikemik adalah tingkatan atau rangking pangan menurut efeknya terhadap kadar glukosa darah (Wikipedia). Ada 3 tingkatan GI, Rendah (55 atau kurang), Sedang (56-69), Tinggi (70 atau lebih). Bagi penderita Diabetes diharuskan mengkonsumsi makanan yang Rendah GI-nya.

Berikut adalah daftar buah-buahan yang memiliki kadar GI rendah sehingga aman dikonsumsi oleh para penderita Diabetes :

  • Apel
    Apel memiliki rasa yang manis namun memiliki kadar GI yang rendah, yaitu hanya sekitar 38-40, sehingga cocok sekali dan aman untuk dikonsumsi oleh penderita Diabetes. Bahkan menurut  Glycemic Edge, pektin yaitu senyawa yang ditemukan pada kulit bagian dalam dan daging apel , efektif untuk membantu mengobati Diabetes. Senyawa ini membantu mendetoksifikasi tubuh dan mengurangi kebutuhan insulin tubuh sekitar 35%.
  • Berri-berrian
    Hampir semua jenis berri-berrian memiliki kadar GI yang rendah yaitu sekitar 20-an. Selain memiliki kadar GI yang rendah, berry-berrian ini juga mengandung banyak serat, nutrisi dan antioxidant. Berri-berrian ini antara lain strawberry, blueberry, raspberry, blackberry. Selain bagus untuk penderita Diabetes, rutin mengkonsumsi strawberry juga bagus untuk mengurangi resiko penyakit jantung.
  • Alpukat
    Alpukat memiliki kandungan yang dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dan trigliserida. Buah ini juga mempunyai kandungan kalium dan Vitamin E yang tinggi yang baik untuk pengobatan diabetes.
  • Jeruk Bali (grape fruit)
    Jeruk bali memiliki kadar GI yang rendah yaitu hanya 25 per 120gr. Buah ini mampu meningkatkan proses pencernaan dan membantu menghilangkan racun.  Kandungan Vitamin C, serat pektin dan antioksidan likopen pada Jeruk Bali dapat mengurangi tingkat glukosa pada darah.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.