Ingin punya bisnis sendiri? Ingin punya penghasilan tambahan? Yang satu ini bisa dikerjakan dari rumah atau dari mana pun saja!  Klik untuk info lebih lanjut! 

Berbagai Kegunaan Akupuntur Untuk Kesehatan

Kegunaan Akupuntur Untuk Kesehatan sangatlah banyak. Meski telah banyak yang diketahui dan diteliti secara mendalam, namun masih ada saja misteri dibalik khasiat metode pengobatan tradisional Cina ini. Akupuntur, yang secara harafiah berarti memanipulasi atau memasukkan jarum ke dalam titik akupuntur tubuh telah ada sejak ratusan atau mungkin ribuan tahun yang lalu. Banyak bukti-bukti yang ditemukan oleh para arkeolog menunjukkan bahwa kaisar dan bangsawan Cina jaman dulu menggunakan teknik tusuk jarum untuk menyembuhkan penyakit yang mereka derita. Fakta tersebut dikuatkan oleh adanya manuskrip kuno yang menjelaskan tentang adanya teknik pengobatan yang menggunakan jarum di jaman dulu.

Prinsip dan Pedoman Akupuntur

Terapis akupuntur atau yang juga disebut sebagai akupunturis berpedoman pada prinsip kuno yang mendasari munculnya metode pengobatan ini. Prinsip yang digunakan dalam metode pengobatan akupuntur adalah fenomena keseimbangan Yin dan Yang. Terapis akupuntur berpedoman bahwa ketidakseimbangan Yin dan Yang menyebabkan timbulnya suatu penyakit di dalam tubuh akan mengakibatkan aliran Chi tidak lancar. Jarum yang digunakan menjadi media untuk meraih atau mengembalikan keseimbangan tersebut. Dengan kembali seimbangnya Yin dan Yang, maka seseorang akan kembali ke keadaan semula, yakni sebelum dia menderita suatu penyakit. Oleh karena itu, tusuk jarum atau akupuntur digunakan terutama untuk menyembuhkan penyakit, mengembalikan kebugaran meningkatkan stamina, melangsingkan tubuh dan banyak lagi lainnya yang berkaitan dengan kesehatan. Pada dasarnya, akupuntur lebih berfungsi sebagai pencegah penyakit dan menyembuhkan penyakit melalui sumbernya.

Ada Beberapa Kegunaan Akupuntur

Metode pengobatan akupuntur diklaim oleh banyak pihak mampu menangani berbagai masalah kesehatan dengan efektif, bahkan jauh lebih efektif dibandingkan ilmu pengobatan barat. Berbagai kegunaan akupuntur untuk kesehatan yang telah diketahui antara lain;
1. Meningkatkan Kualitas Hidup.
Terapi dan metode pengobatan akupuntur diklaim telah membantu masyarakat meningkatkan kualitas hidupnya. metode pengobatan akupuntur yang preventif mampu meningkatkan tingkat kesehatan masyarakat yang secara otomatis meningkatkan kualitas dan harapan hidup. Akupuntur juga diketahui tidak memiliki efek samping berbahaya seperti halnya obat-obatan kimia berbahaya.
2. Mampu Meredam Stress dan Depresi
Stress diketahui merupakan salah satu penyebab terjadinya berbagai gangguan kesehatan, seperti insomnia, migraine, depresi, penurunan kekebalan tubuh bahkan nyeri pinggang dan otot. Akupuntur memberi solusi untuk mengatasi stress ini, yakni dengan memberikan rangsangan pada titik-titik tertentu di permukaan kulit yang terletak atau berkaitan secara langsung dengan jalur aliran darah. Ahli akupuntur mengatakan bahwa metode ini mampu memulihkan aliran chi di dalam tubuh serta meningkatkan sirkulasi darah. Tekanan pada titik yang tepat juga akan memicu pelepasan senyawa yang akan mengontrol stress ke otak. Ini secara otomatis akan menstabilkan denyut jantung, menurunkan tekanan darah dan merelaksasi otot-otot yang tegang.
3. Meredakan Sakit Punggung
Akupuntur diketahui mampu mengatur kestabilan aliran darah dan memblokir penyebab rasa sakit. Sumbatan yang mengganggu sirkulasi energy dapat dibebaskan sehingga energy akan mengalir lancar. Sebuah penelitian menemukan sebuah fakta menarik bahwa akupuntur adalah cara paling efektif dan aman untuk menyembuhkan sakit punggung kronis.
4. Mengembalikan Fungsi Seksual
lemah syahwat yang merupakan gangguan menakutkan bagi pria, ternyata dengan mudah dapat diatasi dengan akupuntur. Hal ini telah dibuktikan secara klinis oleh beberapa pusat studi kesehatan, baik di Indonesia maupun di luar negeri.
5. Melangsingkan Tubuh.
dengan rangsangan yang diberikan di titik-titik tertentu di permukaan tubuh, maka seseorang dapat dengan mudah mengontrol nafsu makannya. Hal ini secara otomatis akan membantu menjaga pola makan sehingga tidak akan terjadi penumpukan lemak di dalam tubuh.
6. Mengurangi Efek Samping dari Kemoterapi
Kemoterapi adalah metode penyembuhan yang sangat menakutkan namun dipercaya masih yang terbaik untuk mengobati kanker. Kemoterapi memiliki efek negative bagi beberapa bagian tubuh. hal itu dapat dikurangi dengan metode akupuntur.

Selain keenam manfaat di atas, masih banyak lagi kegunaan akupuntur untuk kesehatan yang lain, yang bahkan tidak dapat diberikan oleh metode pengobatan barat.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.