Tersedia training online gratis dan sistem online marketing terkini termasuk web, sistem follow up dan randomizer.  klik di sini untuk info lebih lanjut. 

Berapa Lama Virus HIV Bertahan di Luar Tubuh?

Berapa lama virus HIV bertahan diluar tubuh? Mungkin banyak orang yang menanyakan tentang hal ini. Penting untuk diingat bahwa meskipun HIV dapat bertahan hidup beberapa waktu di luar tubuh, belum pernah dilaporkan bahwa penularan HIV terjadi akibat dari kontak dengan tumpahan darah, air mani atau cairan tubuh lainnya.

Penelitian laboratorium tentang bertahan hidupnya HIV menemukan bahwa:

  1. HIV sensitif terhadap suhu tinggi tetapi tidak pada suhu dingin yang ekstrim. Percobaan-percobaan menunjukkan bahwa HIV terbunuh oleh panas (diperlukan suhu di atas 600C untuk dapat membunuh HIV).
  2. Tingkatan virus relatif stabil dalam darah (pada suhu kamar), dan HIV dapat bertahan selama kurang lebih seminggu di darah kering pada suhu 40C.
  3. HIV dapat bertahan hidup sampai empat minggu di jarum suntik setelah darah yang terinfeksi HIV ditarik ke dalam jarum suntik dan kemudian dikeluarkan. Berapa lama virus HIV bertahan diluar tubuh? Bertahan hidupnya HIV juga terkait dengan rendahnya suhu penyimpanan (kurang dari 40C); pada suhu tinggi (27-370C) tidak terdeteksi adanya yang bertahan melebihi tujuh hari.
  4. HIV sangat sensitif terhadap perubahan alkalinitas atau keasaman – tingkat pH di bawah 7 atau di atas 8 adalah tidak cocok untuk kelangsungan hidup HIV. Salah satu alasan mengapa penularan HIV mungkin jarang terjadi pada wanita sehat adalah karena keasaman cairan vagina.
  5. HIV dapat bertahan dalam darah kering pada suhu kamar selama lima atau enam hari dengan ketentuan bahwa tingkat pH optimum dipertahankan, pengeringan darah tampaknya tidak mempengaruhi infektivitas.
  6. Limbah sangat tidak mungkin untuk menimbulkan risiko karena infeksi HIV belum pernah diisolasi dari feses atau urine. Namun, penelitian oleh Thames Water telah menunjukkan bahwa HIV dapat bertahan hidup selama beberapa hari dalam limbah di laboratorium.
  7. HIV tidak bertahan di air laut.

Semoga poin-poin yang dituliskan di atas dapat menjawab pertanyaan Anda tentang berapa lama virus HIV bertahan diluar tubuh? Dan membuka mata kita semua tentang ketahanan HIV itu sendiri.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.