Gaji kantor kurang? Ingin punya penghasilan tambahan? Bisnis online bersama d'BC Network telah terbukti melahirkan banyak jutawan baru.  klik di sini untuk informasi lebih lengkap. 

Bau Mulut dan Pencegahannya

Bau mulut (halitosis) merupakan masalah umum dan universal yang dapat menyebabkan rasa malu. Penyebab paling umum dari bau mulut adalah kebersihan mulut yang kurang terjaga dan penyakit pada  gusi. Nafas bau terjadi ketika bahan kimia aromatik tertentu larut di dalamnya. Plak adalah campuran dari bakteri, sisa makanan dan sel-sel mati yang membentuk antara gusi dan gigi. Bakteri dapat  menyebabkan bau yang tidak enak.

Banyak orang menemukan napas mereka berbau tidak enak saat bangun di pagi hari. Hal ini normal dan terjadi karena mulut kering dalam semalam dan aliran air liur yang membasuh partikel makanan yang melambat saat kita tidur. Makanan dan alkohol dapat menyebabkan bau mulut sementara. Merokok dapat menyebabkan nafas bau dan mengurangi aliran air liur sehingga menimbulkan masalah, hal ini juga dapat meningkatkan risiko penyakit gusi berkembang, yang merupakan salah satu lagi penyebab bau mulut.

Bau mulut atau halitosis dalam istilah medis, adalah nafas berbau busuk atau tidak menyenangkan, yang dapat bersifat akut atau kronis tergantung pada penyebabnya. Lebih tepatnya, bakteri yang berkembang pada lapisan yang hangat dan lembab pada lidah yang menyebabkan bau mulut.

Apa yang menyebabkan bau mulut?

  1. Bentuk yang paling umum dari bau mulut adalah bau mulut pagi hari, yang merupakan kondisi sementara karena faktor-faktor seperti merokok, stres mulut kering, atau kelaparan.
  2. Konsumsi beberapa jenis makanan dan minuman dengan bau yang kuat dapat menyebabkan bau mulut seperti bawang putih, tembakau dan alcohol.
  3. Kurang menjaga kebersihan gigi, yang dapat meninggalkan partikel makanan membusuk di dalam mulut.
  4. Beberapa kondisi medis, seperti infeksi sinus, radang amandel, penyakit paru, penyakit ginjal, haid, kanker,dll.

Beberapa cara untuk menurunkan risiko terkena bau mulut adalah:

  1. Sikat gigi secara teratur. Menyikat tepat termasuk menyikat lidah, pipi, dan langit-langit mulut, yang akan menghilangkan bakteri dan partikel makanan.
  2. Bau mulut juga dapat dicegah dengan minum banyak air setiap hari untuk mendorong produksi air liur.
  3. Hindari obat kumur yang mengandung alkohol.

Pencegahan bau mulut bisa dilakukan dengan mengontrol makanan dan minuman yang akan dikonsumsi. Jus buah dan sayuran dapat membantu dalam mencegah bau mulut, penggunaan penyegar napas, mint, permen karet dan minum teh hijau serta yoghurt juga dapat membantu dalam pencegahan bau mulut.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.