Tersedia training online gratis dan sistem online marketing terkini termasuk web, sistem follow up dan randomizer.  klik di sini untuk info lebih lanjut. 

Bakteri Penyebab Typus

Bakteri penyebab typus perlu diwaspadai kemunculannya. Penyakit typus adalah penyakit yang menyebabkan penderitanya mengalami demam, sakit kepala, perut kembung, pembesaran limfa dan erupsi kulit yang terjadi selama 3 minggu. Awal gejala penyakit typus adalah demam yang terus naik tiap harinya, diikuti rasa lemas, tidak enak di perut dan diikuti susah buang air besar. Penyakit typus ini ditemukan di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Penyebarannya umumnya dari makanan dan minuman yang tercemar serta lingkungan yang kurang bersih. Jika dibiarkan tanpa penanganan penyakit typus dapat menyebabkan komplikasi pembuluh darah jantung, anemia, radang paru-paru, radang hati, ginjal, tulang. Dapat menyebabkan kematian pada penderita karena septicemia, gagal jantung, gagal ginjal atau pneumonia.

Bakteri Yang Menyebabkan Typus

Tahukah anda sebenarnya penyakit typus atau dalam istilah medis disebut demam typosa disebabkan oleh bakteri yang disebut salmonella typosa. Bakteri penyebab typus ini hidup di dalam saluran pencernaan manusia dan hewan dan sering sekali menular melalui makanan dan minuman yang tidak higienis. Makanan seperti daging dan telur yang berasal dari hewan yang terjangkit bakteri salmonella typosa juga dapat menjadi sumber infeksi penyakit ini.

Dalam tubuh bakteri salmonella typhosa akan masuk kedalam lambung manusia kemudian masuk lagi ke usus. Dalam lambung sebenarnya jumlah bakteri tersebut telah berkurang oleh adanya hambatan dari HCL yang ada di lambung, namun apabila jumlah bakteri tersebut terlalu banyak tentu bakteri tersebut tidak dapat seluruhnya mati. Daya hambat HCL akan berkurang saat salmonella typhosa masuk bersama cairan yang dapat mengencerkan HCL yang ada didalam lambung. Jika salmonella typhosa berhasil lolos dari lambung maka bakteri tersebut akan masuk ke dalam usus halus.

Saat di dalam usus halus salmonella typhosa akan menembus dinding usus halus menuju pembuluh darah dan pada akhirnya menyebar keseluruh tubuh. Jadi urin dan feses pun dapat mengandung bakteri ini. Saat urin maupun kotoran tercemar dan terkonsumsi baik secara langsung maupun melalui perantara hewan seperti lalat, tikus dan sebagainnya maka salmonella typhosa ini dapat menular ke orang lain.

Penanggulangan Dan Pencegahan Typus

Bakteri salmonella typhosa termasuk bakteri yang merugikan. Bakteri penyebab typus ini dapat menyebabkan inangnya demam, peradangan organ bahkan kematian jika tidak ditanggulangi dengan serius. Lantas bagaimana cara menanggulanginya? Berikut cara menanggulangi dan mencegah penyakit typus .

Dengan penanganan yang tepat bakteri salmonella typhosa dapat dijinakkan. Cara penanggulangan salmonella typhosa yang paling baik saat ini adalah pemberian antibiotik. Pemberian antibiotik yang tepat terbukti dapat mengobati 99% kejadian penyakit typus . Beberapa jenis antibiotik yang diberikan adalah Kloramfenikol, Tiamfenikol, Kotrimoksazol, dan Sefalosporin. Dosis yang diberikan umumnya berbeda-beda tergantung dengan umur penderita serta tingkat keparahan penyakit. Untuk itu saran dokter sangat diperlukan.

Cara Mencegah Penyakit Typus

Typus adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan menginfeksi bersama makanan dan minuman yang tercemar. Jadi cara pencegahan yang paling tepat adalah menjaga kebersihan makanan dan minuman yang kita konsumsi. Makan dan minuman yang kita konsumsi haruslah benar-benar matang untuk menghindari bakteri salmonella typhosa masuk dan menginfeksi tubuh kita.

Selain itu juga menjaga lingkungan tetap bersih. Lingkungan yang bersih mengurangi potensi munculnya bakteri ini beserta inangnya seperti lalat, kecoa, tikus dan sebagainya sehingga penyebarannya dapat dihambat. Selalu ingat untuk mencuci tangan sebelum makan juga salah satu cara menghambat penyebaran bakteri ini.

Cara yang terakhir adalah vaksinasi. Vaksinasi typus terbukti mampu menurunkan angka potensi terinfeksi salmonella typosa sebesar 70%. Lingkungan, makanan serta minuman yang tidak higenis merupakan salah satu sebab bakteri salmonella typosa dapat menyebar dengan cepat. Jagalah lingkungan tetap bersih untuk mencegah bakteri penyebab typus tersebut berulah dan menyebabkan penyakit typus pada lingkungan sekitar anda.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.