Tersedia training online gratis dan sistem online marketing terkini termasuk web, sistem follow up dan randomizer.  klik di sini untuk info lebih lanjut. 

Bahaya Kolesterol Rendah

Bahaya Kolesterol Rendah bisa sama fatalnya dengan kolesterol tinggi. Kolesterol yang terlalu tinggi dapat berbahaya untuk kesehatan jantung, tetapi bukan berarti kolesterol yang terlalu rendah juga baik untuk kesehatan.

Apa bahaya kolesterol yang terlalu rendah?

Pada saat kita mengukur kadar kolesterol, ada dua hal yang diukur: kepadatan lipoprotein tinggi atau HDL dan kepadatan lipoprotein rendah atau LDL. HDL diasumsikan sebagai kolesterol baik karena memerangi kolesterol jahat yang akan menyumbat aliran darah. Jumlah total kolesterol kita adalah penjumlahan dari kedua kolesterol tersebut. Terkadang, beberapa klinik juga mengukur takaran lemak dalam darah. Jumlah HDL dianggap terlalu rendah bila jumlahnya kurang dari 40 mg / dL. Jumlah 40 – 60 mg / dL masih dianggap aman, dan jumlah lebih dari 60 mg / dL adalah sangat baik.

Risiko yang bisa kita dapatkan adalah depresi, keinginan untuk bunuh diri, masalah pada sistem syaraf dan lain sebagainya. Jika kita lihat, akibat kolesterol yang terlalu rendah bisa menyerang kondisi psikologis. Beberapa orang mempunyai masalah dengan kolesterol yang terlalu rendah karena kondisi penyakit atau kelainan tertentu, masalah dengan pola makan seperti bulimia, penggunaan obat penurun kolesterol yang terlalu berlebihan dan lain sebagainya. Karenanya, jika kita merasa kita tidak bermasalah dengan kolesterol, pastikan untuk tetap melakukan pengecekan kadar kolesterol karena siapa tahu kita kadar kolesterol kita kurang dan kita harus meningkatkannya.

Kolesterol sudah mendapatkan reputasi yang buruk dan sangat identik dengan penyakit jantung, tetapi sebenarnya kolesterol juga bermanfaat untuk kesehatan seperti bekerja sebagai insulator untuk sistem syaraf. Jika kita mempunyai kolesterol yang terlalu rendah, efeknya bisa menyerang psikologis kita karena tidak ada insulator yang memadai di sistem syaraf. Bukan hanya pada sistem syaraf, kolesterol juga berguna untuk mencerna vitamin yang larut dalam lemak dan menjadi makanan untuk sistem kekebalan tubuh kita. Otak juga menjadikan kolesterol ini sebagai sumber makanan untuk membantu kerja otak yang maksimal. Dengan begitu, kita sadar akan Bahaya Kolesterol Rendah.

Kolesterol Rendah dan Kondisi Psikologis

Kolesterol rendah sangat berpengaruh pada kondisi psikologis dan salah satu efek yang cukup berbahaya adalah rusaknya fungsi sistem syaraf yang mencakup rusaknya konduktor pada sistem syaraf, sistem pertahanan tubuh yang lemah dan kerja otak yang tidak. Vitamin juga tidak akan bisa terserap di tubuh dengan maksimal. Berdasarkan studi, kolesterol yang terlalu rendah dapat berakibat pada Parkinson dan bahkan kanker.

Berdasarkan studi dari Universitas California, orang-orang yang memiliki kolesterol terlalu rendah akan memiliki kecenderungan untuk melakukan kekerasan. Menurut penelitian dari Dr. Beatrice A. Golomb, seseorang dengan terapi untuk menurunkan kadar kolesterol padahal tidak mempunyai kecenderungan penyakit jantung yang diakibatkan oleh kolesterol akan memiliki kecenderungan melakukan tindak kekerasan yang cukup tinggi.

Kolesterol juga sangat bermanfaat untuk membangun hormon tertentu seperti testosteron, estrogen, progesteron, aldosteron dan cortison. Kolesterol juga mempunyai pengaruh yang cukup signifikan pada kondisi biologis dan neurologis. Menurut penelitian yang dilakukan Dr. Mercola, seseorang dengan kadar kolesterol yang terlalu rendah akan mempunyai kecenderungan enam kali lebih tinggi untuk bunuh diri. Dengan semua penjelasan diatas, sudah jelas sekali bahwa kekurangan kolesterol dapat sangat berbahaya untuk tubuh dan bahkan sistem syaraf. Jika kita ingin melakukan diet untuk menurunkan kolesterol, pastikan untuk melakukan diet yang seimbang dan sehat. Dengan begitu, kita tidak akan menghadapi berbagai risiko kesehatan dan efek kolesterol yang terlalu rendah. Kolesterol sangat dibutuhkan dalam kadar yang normal. Pastikan untuk mempelajari makanan apa saja yang kita butuhkan untuk menjaga kadar kolesterol agar semua sistem pada tubuh kita bekerja dengan maksimal. Jika kita adalah termasuk orang-orang yang berpikir untuk melakukan diet yang ekstrem untuk menurunkan berat badan atau kadar kolesterol, pastikan untuk berpikir ulang dan ingat akan Bahaya Kolesterol Rendah.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.