Ingin punya bisnis sendiri? Ingin punya penghasilan tambahan? Yang satu ini bisa dikerjakan dari rumah atau dari mana pun saja!  Klik untuk info lebih lanjut! 

Bagaimana Menjaga Kesehatan Paru-Paru?

Bagaimana Menjaga Kesehatan Paru-paruParu-paru merupakan organ pernafasan yang sangat penting dalam menunjang kehidupan. Paru-paru berfungsi melakukan pertukaran oksigen dengan CO2 dan uap air dari dalam tubuh manusia melalui jalan pernafasan. Udara bersih yang masuk memuat banyak oksigen yang sangat diperlukan oleh tubuh kita. Apabila kualitas udara yang masuk kurang baik, maka tubuh kita akan kekurangan oksigen yang dapat mengakibatkan gangguan pada organ-organ tubuh termasuk syaraf-syaraf otak.

Untuk itu perlu kitanya menjaga udara disekitar agar tetap bersih, tak lupa perlu kiranya menjaga paru-paru Anda agar tetap sehat dan terhindar dari bermacam-macam penyakit. Bagaimana menjaga kesehatan paru-paru? Simak beberapa tips untuk menjaga kesehatan paru-paru Anda.

  • Hindari Merokok
    Merokok sangat merugikan diri Anda karena zat-zat berbahaya dalam rokok menggerogoti kesehatan paru-paru secara perlahan. Dalam jangka waktu yang panjang, rokok akan menimbulkan berbagai macam penyakit bagi paru-paru Anda, misalnya kanker paru-paru.
  • Olahraga
    Didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Motto kehidupan tersebut sangat benar karena olahraga dapat membantu tubuh Anda menjadi lebih bugar dan sehat.Olahraga sangat baik untuk menjaga fungsi paru-paru tetap prima. Semua olahraga baik untuk kesehatan paru-paru Anda, namun yang paling mudah dilakukan adalah olahraga jenis yoga karena yoga melatih sistem pernafasan dan menguatkan paru-paru Anda.
  • Menciptakan sirkulasi udara di rumah
    Ventilasi atau sirkulasi udara yang baik di rumah akan menjaga kesehatan paru-paru Anda dan menghindarkan Anda dari penyakit paru-paru seperti asma.
  • Makan makanan sehat
    Makanan yang mengandung antioksidan merupakan makanan terbaik untuk paru-paru Anda. Sayuran berdaun hijau sangat kaya akan antioksidan dan memberikan perlindungan bagi paru-paru Anda. Hindari penggunaan suplemen karena olahan sayuran atau makan buah segar yang mengandung antioksidan akan lebih baik.
  • Hindari polusi
    Jika Anda bepergian, gunakan masker agar terhindar dari debu dan polusi jalanan. Hindari polusi dan gas dari zat-zat berbahan kimia saat bekerja. Misalnya, untuk pekerja salon gunakan masker saat menyemprotkan hair spray sehingga zat-zat kimia tidak terhirup berlebihan oleh paru-paru.
  • Minum vitamin
    Vitamin A, Vitamin C dan D-3 sangat bagus untuk menjaga kesehatan paru-paru. Wortel adalah salah satu makanan yang mengandung vitamin A. Vitamin A membantu menyembuhkan gangguan paru-paru. Vitamin C bisa Anda peroleh dari buah jeruk, nanas, mangga, strawberry, jambu biji, buah kiwi dan lain-lainnya.

Banyak pilihan untuk membuat paru-paru Anda tetap sehat, penggabungan dari semuanya berarti Anda telah melakukan pola hidup sehat. Maka pertanyaan bagaimana menjaga kesehatan paru-paru? sudah terjawab.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.