Tersedia training online gratis dan sistem online marketing terkini termasuk web, sistem follow up dan randomizer.  klik di sini untuk info lebih lanjut. 

Apakah Penyakit Typus Menular

Mungkin anda sering mempertanyakan apakah penyakit typus menular. Penyakit typus atau tifus adalah infeksi akut usus halus yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi. Bakteri ini masuk ke dalam tubuh manusia dan menimbulkan radang pada usus halus, kemudian menyebar ke bagian tubuh lain seperti limpa, jaringan limfoid, hati, dan bagian tubuh lainnya. Gejala awal yang muncul antara lain demam selama seminggu pada sore dan malam hari, sakit kepala, kurang selera makan, rasa tidak enak di perut, sulit buang air besar atau diare.

Jika kita ingin mengetahui apakah penyakit typus menular, kita bisa menelusuri pola penyebaran bakteri Salmonella typhosa. Salmonella typhosa adalah bakteri yang hidup normal dalam pencernaan hewan ternak, unggas dan reptil. Bakteri ini akan menyebar melalui kotoran hewan dan air seni, telur, serta daging yang dimasak kurang matang. Bakteri ini juga dapat dibawa oleh lalat dan menyebar melalui makanan dan minuman, tinja, dan air seni. Selain itu salmonella typhosa juga disebarkan melalui hewan peliharaan, seperti anjing, kucing dan kura-kura. Penularan penyakit typus juga terjadi melalui manusia yang berperan sebagai pembawa kuman (carrier), tanpa ia sendiri menderita sakit typus. Apabila kita mengonsumsi makanan dan minuman yang tercemar salmonella typhosa, bakteri ini akan masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan penyakit typus.

Penularan penyakit typus dapat dicegah dengan beberapa cara. Mulailah dengan meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Tingkatkan kebiasaan hidup bersih dengan mencuci tangan sebelum makan. Bersihkan lingkungan secara teratur, memasak dan menyimpan makanan secara higienis, dan upayakan untuk mengurangi populasi lalat.

Apabila ada anggota keluarga yang terkena penyakit typus, penderita harus diisolasi. Sterilkan pakaian dan peralatan makan yang digunakan penderita dengan antiseptik untuk menghilangkan kuman. Bila memungkinkan, lakukan desinfeksi pada faeces dan urine penderita untuk mencegah penularan. Setelah Anda mengetahui apakah penyakit typus menular, maka Anda dapat melakukan langkah-langkah untuk mencegah penularannya.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.