Tersedia training online gratis dan sistem online marketing terkini termasuk web, sistem follow up dan randomizer.  klik di sini untuk info lebih lanjut. 

Apakah Penyakit Kulit Psoriasis Penyebab Asam Urat Tinggi pada Penderita Asam Urat?

Terdapat lebih dari 100 jenis radang sendi (arthritis). Istilah arthritis sendiri berasal dari kata Yunani “arthron” yang berarti sendi dan “itis” yang berarti peradangan. Contoh jenis radang sendi antara lain osteoarthritis, rheumatoid arthritis, asam urat, pseudo asam urat, dan psoriasis arthritis (PA).

Psoriasis arthritis adalah bentuk inflamasi radang sendi sistemik dan kronis yang terkait dengan autoimun, yang terjadi dengan peningkatan kecenderungan pada mereka yang memiliki penyakit kulit proriasis. Menurut National Psoriasis Foundation, antara 10% sampai 30% orang dengan psoriasis memiliki resiko menderita psoriasis arthritis. Pasien dengan psoriasis arthritis akan mengalami pembengkakan yang menyakitkan di jari tangan dan kaki. Dan sebagian besar pasien dengan psoriasis arthritis juga mengalami inflamasi pada mata.

Berdasarkan penelitian, penderita psoriasis arthritis sering menunjukkan peningkatan kadar asam urat dalam darah, sehingga sebelum  terdiagnosis menderita psoriasis arthritis, mereka justru lebih sering didiagnosis menderita asam urat. Jadi apakah penyakit kulit psoriasis adalah penyebab asam urat tinggi pada penderita asam urat?

Apa Itu Penyakit Kulit Psoriasis?

Psoriasis adalah penyakit kulit yang terkait dengan masalah autoimun dan ditandai dengan iritasi kulit atau ruam yang kasar dan bersisik yang disertai dengan rasa gatal atau perih karena penebalan kemerahan. Biasanya terlihat pertama kali di area siku, lutut, dan kulit kepala serta bisa meluas ke seluruh tubuh termasuk jari kaki, kuku, dan mata. Jika seseorang memiliki penyakit kulit psoriasis, kemungkinan juga bisa menderita psoriasis arthritis. Jadi psoriasis adalah penyakit kulit yang bisa menjadi indikator pertama kali kondisi radang sendi yang dialami beberapa orang yang disebut Psoriasis Arthritis.

Psoriasis Arthritis vs Penyakit Asam Urat

Psoriasis Arthritis —  gejalanya lebih mirip rheumatoid arthritis karena psoriasis arthritis juga dianggap sebagai masalah kondisi autoimun dan biasanya sering menimpa individu yang menderita penyakit kulit psoriasis. Dalam kondisi ini, sendi menjadi meradang, sakit dan bengkak dan jika tidak ditangani dengan baik maka sendi yang terserang bisa lumpuh/cacat.

Penyakit Asam Urat —  kondisi radang sendi yang satu ini disebabkan oleh metabolisme abnormal asam urat dalam tubuh yang berakibat pada pengendapan kristal asam urat ke dalam sendi, khususnya di jempol kaki, sehingga menyebabkan sendi memerah, bengkak dan nyeri.

Melihat perbedaan antara psoriasis arthritis dengan penyakit asam urat di atas jelas sudah bahwa penyakit kulit psoriasis bukan penyebab asam urat tinggi pada penderita asam urat yang selama ini sering menimbulkan kerancuan atau kebingungan. Penyakit kulit psoriasis justru menimbulkan kondisi psoriasis arthritis dan bukan penyakit asam urat.

Sangat dimungkinkan memang seseorang memiliki penyakit asam urat, penyakit kulit proriasis, dan psoriasis arthritis pada saat yang bersamaan. Oleh karena itu, jika seorang penderita penyakit kulit psoriasis mendapatkan serangan rasa sakit parah di jempol kaki, maka harus dilakukan pengujian laboratorium dengan mengambil sampel cairan dari sendi yang sakit untuk menentukan apakah kondisi tersebut penyakit asam urat atau psoriasis arthritis. Sedangkan peningkatan kadar asam urat dalam darah yang sering ditunjukkan oleh penderita psoriasis maupun psoriasis arthritis lebih dikarenakan konsumsi obat-obatan seperti aspirin dosis rendah serta peningkatan pergantian sel kulit yang cepat pada penderita psoriasis.

Bahan bacaan:

Lambert, John R., and V. Wright (1977). Serum Uric Acid Levels in Psoriatic Arthritis. Annals of the Rheumatic Diseases, 36, 264-267.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.