Ingin punya bisnis sendiri? Ingin punya penghasilan tambahan? Yang satu ini bisa dikerjakan dari rumah atau dari mana pun saja!  Klik untuk info lebih lanjut! 

Apakah Penderita Diabetes Bisa Disembuhkan?

Penyakit Diabetes mellitus mengancam penduduk dunia. Diperkirakan 10 – 20 % penduduk dunia menderita penyakit diabetes mellitus. Diabetes mellitus atau yang lebih dikenal sebagai penyakit gula menimbulkan komplikasi yang mematikan, seperti jantung koroner, gagal ginjal, kebutaan, dan merupakan penyakit yang kadang tidak disadari oleh penderitanya, sehingga penyakit diabetes mellitus disebut the silent killer.

Biasanya, seseorang akan mengunjungi dan berkonsultasi pada dokter setelah mengeluhkan penyakit tertentu. Dokter yang mendiagnosa baru mengetahui bahwa pasien menderita penyakit diabetes mellitus, setelah melakukan pemeriksaan lebih lanjut, misalnya dengan pemeriksaan laboratorium.

Benarkah Penyakit Diabetes Bisa Disembuhkan?

Mungkin anda ingin tahu apakah penyakit diabetes bisa disembuhkan? Ini merupakan pertanyaan yang sering ditanyakan oleh penderita dan keluarganya. Pada seseorang yang menderita diabetes mellitus, biasanya dokter tidak langsung memberikan obat-obatan untuk penyakit diabetes melitusnya. Namun, dokter akan menyarankan untuk merubah gaya hidupnya yang tidak sehat. Karena umumnya seseorang yang menderita diabetes mellitus bermula karena gaya hidupnya. Penyakit diabetes mellitus mungkin tidak dapat disembuhkan, namun dapat dicegah. Pencegahan faktor resiko merupakan cara yang terbaik. Ada beberapa faktor resiko seseorang dapat mengidap diabetes mellitus, yaitu faktor genetic atau keturunan, kegemukan, dan faktor gaya hidup.

Beberapa Tipe Diabetes Mellitus.

Penyakit diabetes mellitus memiliki 2 tipe yaitu tipe 1 yang tergantung insulin, cenderung faktor genetik atau bawaan, sedangkan tipe 2 tidak tergantung insulin, cenderung gaya hidup yang salah. Tipe 1 lebih berbahaya dan tergantung obat seumur hidupnya. Tipe 2 adalah diabetes mellitus yang dapat dicegah. Sampai saat ini, memang belum ada obat yang dapat menyembuhkan penyakit diabetes mellitus. Sebenarnya bukan penyakit diabetes mellitus yang ditakuti, tapi komplikasi penyakit yang ditimbulkannya yang berbahaya. Komplikasi penyakit tersebut antara lain jantung, tekanan darah tinggi, stroke, ginjal, dan kebutaan.

Beberapa hal yang perlu diketahui untuk mencegah penyakit diabetes mellitus, antara lain:

  1. Ubah gaya hidup yang tidak sehat.
    Gaya hidup sehat adalah gaya hidup yang memperhatikan aspek kesehatan tubuh. Gaya hidup sehat, mulai dengan pola makan dengan gizi seimbang, kurangi konsumsi lemak, dan gula. Olahraga secara teratur 3 kali seminggu. Olahraga yang dapat dilakukan misalnya jogging, senam, renang, bersepeda, dan yoga. Istirahat yang cukup, berguna untuk meregenarasi sel-sel tubuh, dan menormalkan metabolisme tubuh.
  2. Jaga berat badan.
    Kelebihan berat badan dapat memicu penyakit diabetes mellitus.
  3. Hindari stres.
    Stres dapat membuat seseorang tidak dapat berfikir secara jernih. Hal ini dapat membuat seseorang tidak dapat mengontrol aktivitas yang dilakukan termasuk dalam hal makanan yang dikonsumsi.
  4. Lakukan pemeriksaan gula darah setahun sekali.
    Semakin bertambah usia seseorang semakin meningkat resiko terkena diabetes mellitus. Disarankan mulai usia 40 tahun, seseorang melakukan pemeriksaan gula darah setahun sekali, apalagi bila orang tersebut memiliki keluarga yang menderita diabetes mellitus, dan memiliki gaya hidup yang tidak sehat.
  5. Perbanyak pengetahuan dan informasi mengenai diabetes mellitus.
    Hal ini akan berguna bagi anda, dengan pengetahuan yang ada, anda tidak perlu bertanya lagi, apakah penderita diabetes bisa disembuhkan? Dan anda mengerti bagaimana mencegah penyakit tersebut menyerang anda.

 

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.