Ingin punya bisnis sendiri? Ingin punya penghasilan tambahan? Yang satu ini bisa dikerjakan dari rumah atau dari mana pun saja!  Klik untuk info lebih lanjut! 

Apakah Jeruk Cocok Untuk Penderita Diabetes?

Pernahkah Anda bertanya apakah jeruk cocok untuk penderita diabetes? Buah jeruk merupakan buah segar yang kaya akan vitamin C. Secara umum buah ini rasanya manis, namun ada juga yang rasanya masam. Jeruk mempunyai banyak varietas, antara lain : jeruk Pontianak, jeruk Bali, jeruk mandarin, jeruk keprok, jeruk lemon, jeruk nipis, jeruk purut, dan lain sebagainya.
Karena rasanya yang manis dan segar buah ini sering dijadikan buah tangan ketika menjenguk orang sakit. Apalagi orang sakit biasanya kondisi lidahnya sedikit “pahit” sehingga mengkonsumsi jeruk akan mengembalikan nafsu makan yang hilang. Namun bagaimana untuk penderita diabetes?

Menilik Kandungan Gula Alami Pada Jeruk

Satu buah jeruk rata-rata mengandung 80 kalori. Rasa manis pada buah jeruk mengindikasikan bahwa jeruk memiliki kandungan gula alami. Dalam ukuran sedang, buah jeruk mengandung 19 gram karbohidrat, dimana 68%-nya adalah gula. Kandungan gula alami pada jeruk terdiri dari 3  jenis gula, yaitu yaitu glukosa, sukrosa, dan fruktosa.
Glukosa merupakan jenis gula yang paling mudah diserap dalam aliran darah, sehingga jika dikonsumsi maka akan menaikkan kadar gula darah dengan cepat. Dalam jeruk ber ukuran sedang, rata-rata terdapat 3 gram glukosa.

Sukrosa merupakan jenis gula kombinasi antara glukosa dan fruktosa. Pada buah jeruk, kandungan sukrosa lebih besar dibandingkan dengan jenis gula lain. Dalam satu buah jeruk ukuran sedang rata-rata terdapat 6,5 gram sukrosa. Sementara fruktosa merupakan gula yang umum terdapat pada buah-buahan dan madu. Dalam satu buah jeruk ukuran sedang terdapat 3,5 gram fruktosa.

Menilik Kandungan Zat Aktif Pada Jeruk dan Apakah Jeruk Cocok untuk Penderita Diabetes?

Berdasarkan hasil penelitian, buah jeruk mengandung zat aktif bernama naringenin. Zat semacam antioksidan yang memberikan rasa pahit pada kulit  jeruk ini berguna membantu mempertahankan berat badan ideal dan membantu tubuh untuk meningkatkan sensitivitas insulin. Dua hal ini merupakan faktor penting untuk perawatan penderita diabetes. Di samping itu, para ilmuwan meneliti bahwa naringenin dapat memicu pembakaran lemak yang tertimbun di hati. Sistem kerja naringenin hampir sama dengan obat penurun lipid yaitu rosiglitazone dan fenofibrate yang biasanya digunakan untuk terapi diabetes.
Berdasarkan pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa  jeruk bagi penderita diabetes memiliki dampak manfaat yang cukup besar selama kandungan gula pada buah jeruk relatif sedikit. Oleh karena itu pilihlah jenis jeruk yang memiliki kandungan gula yang sedikit. Misal jeruk nipis dan jeruk bali. Meskipun begitu Anda tetap harus membatasi konsumsinya. Hindari pula mengkonsumsi jeruk impor yang manis karena memiliki kandungan gula cukup tinggi. Jadi, sekarang keraguan anda mengenai Apakah jeruk cocok untuk penderita diabetes, sudah terjawab bukan?

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.