Tersedia training online gratis dan sistem online marketing terkini termasuk web, sistem follow up dan randomizer.  klik di sini untuk info lebih lanjut. 

Apa Saja Persiapan Puasa Bagi Penderita Diabetes?

Puasa adalah kewajiban bagi setiap Muslim, karena itu bagi para penderita diabetes, mereka harus mengetahui apa saja persiapan puasa bagi penderita diabetes agar mereka dapat menjalankan puasa dengan baik tanpa memperburuk kondisi kesehatan. Pada dasarnya, puasa adalah alternatif yang baik untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, karena dengan berpuasa, organ tubuh manusia beristirahat sejenak dari kelelahannya, jadi sebaiknya jangan menjadikan penyakit yang diderita sebagai alasan untuk tidak berpuasa.

Puasa adalah pekerjaan yang sangat baik, jika Anda memang merasa sulit untuk berpuasa karena penyakit Anda, coba datang ke dokter dan tanyakan, apakah Anda bisa berpuasa atau tidak. Pada penderita diabetes, persiapan untuk berpuasa sangat penting, ada beberapa hal yang harus diperhatikan misalnya bagaimana mengatur ulang jadwal makan, jenis makanan, dan jumlah makanan, dengan begitu puasa akan menjadi lebih mudah.

Jadwal Makan Penderita Diabetes Saat Puasa

Seperti yang kita ketahui, saat berpuasa, jadwal makan hanyalah saat sahur dan berbuka. Para penderita diabetes harus menyesuaikan jadwal makan ini seperti saat tidak berpuasa. Sebenarnya cukup mudah, seperti halnya ketika sarapan pagi dan makan selingan di waktu pagi dapat konsumsi pada waktu buka puasa, Anda bisa mengganti makan siang dengan makan setelah melakukan salat tarawih, sedangkan makanan selingan sore dapat Anda konsumsi sebagai makanan selingan menjelang tidur, sementara makan malam dan selingan malam dilakukan pada saat Anda bersantap sahur.

Untuk perbandingannya,  makan utama tiga kali dengan kombinasi makan selingan tiga kali juga. Masih ada hal yang harus diingat sebagai salah satu persiapan puasa bagi penderita diabetes, yaitu saat puasa penggunaan obat tidak dihentikan, hanya membutuhkan penjadwalan ulang, karena waktu makan saat berpuasa tidak sama saat tidak berpuasa.

Mengatur Jenis Makanan Saat Berpuasa

Puasa identik dengan makanan dan minuman yang manis, seperti sirup, teh manis, kurma, dan lain sebagainya. Inilah makanan yang harus dihindari oleh penderita diabetes. Kini banyak sekali produk makanan dan minuman yang memang dibuat khusus untuk penderita diabetes, jika memang Anda sangat menginginkan sirup, Anda bisa membeli sirup tanpa gula tambahan yang memang diproduksi khusus untuk penderita diabetes. Selain itu, penderita diabetes juga harus menghindari makanan dengan karbohidrat tinggi seperti nasi dan roti, karbohidrat dapat diganti dengan pisang atau kentang rebus. Makanan berminyak dan berlemak juga harus dihindari. Jika Anda penderita diabetes, anda harus memahami betul apa saja persiapan puasa bagi penderita diabetes.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.