Ingin punya bisnis sendiri? Ingin punya penghasilan tambahan? Yang satu ini bisa dikerjakan dari rumah atau dari mana pun saja!  Klik untuk info lebih lanjut! 

Apa itu Kolesterol?

Pernahkah anda mendengar kata kolesterol? Sesuatu bernama kolesterol ini sering kali diperbincangkan dalam sebuah konsultasi kesehatan, sehingga banyak orang ingin mengetahui lebih lanjut tentang kolesterol ini. Jadi Apa itu Kolesterol? Kolesterol ini zat lemak yang sering ditemukan di sel dan aliran darah dalam tubuh. Kolesterol ini di produksi di dalam hati dan sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk melakukan proses metabolisme. Contohnya seperti berperan untuk membantu pembentukan hormon-hormon dan juga sel baru.

Namun kendati dibutuhkan oleh tubuh, kolesterol tidak boleh berlebihan jumlahnya. Ya, kolesterol yang berlebih ini akan bisa menyebabkan menumpuknya lemak yang ada dalam darah yang akhirnya bisa menyebabkan penyumbatan pembuluh darah. Nah, kejadian ini yang mengakibatkan organ jantung dan juga otak kekurangan pasokan darah sehingga inilah yang akan menyebabkan terjadinya stroke dan serangan jantung. Tingkat kolesterol yang sangat tinggi di dalam darah ini dikenal dengan sebutan hiperkolesterolemia.

Dalam istilah kolesterol anda akan mengenal LDL, HDL dan juga Trigliserida. Lalu Apa itu Kolesterol LDL, HDL dan Trigliserida? LDL atau Low Density Lipoproteins sering disebut sebagai kolesterol yang jahat. Kandungan dalam LDL adalah sedikit protein dan sekitar 75% kolesterol. LDL ini berfungsi untuk membawa kolesterol ke semua bagian tubuh dan jika LDL ini berlebihan maka akan menyebabkan menumpuknya lemak pada bagian dinding arteri.

Berikutnya HDL atau High Density Lipoproteins merupakan kolesterol baik. Berbeda dengan LDL, HDL memiliki protein dengan jumlah yang banyak dan mengalirkan sekitar 20-30% kolesterol ke seluruh bagian tubuh. HDL disebut sebagai kolesterol baik karena justru berfungsi untuk membuang kolesterol yang berlebih dari bagian sel serta dinding arteri dan kemudian membawanya ke bagian hati untuk selanjutnya dibuang.

Yang terakhir adalah Trigliserida, dimana jenis kolesterol ini sangat berperan dalam urusan simpan menyimpan lemak dan juga pembentukan zat lipoproteins yang banyak mengandung kolesterol. Nah bagian lipoproteins yang mengandung banyak kolesterol inilah yang menjadi penyebab dari tingginya kadar kolesterol dan meningkatkan pembentukan dari gumpalan darah.

Bagaimanakah cara menurunkan kadar kolesterol ini?

Untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh anda, maka anda membutuhkan apa yang disebut sebagai fitosterol. Apabila anda bertanya apa itu Kolesterol maka itu adalah zat lemak dalam tubuh manusia, dan jika anda bertanya apa itu Fitosterol maka itu adalah zat semacam Kolesterol yang terdapat pada tanaman dengan struktur yang mirip dengan Kolesterol.

Fitosterol ini banyak terdapat dalam gandum, kacang-kacangan dan juga sayuran. Fitosterol ini membantu mengurangi tingkat Kolesterol yaitu menghambat penyerapan Kolesterol di dalam usus secara langsung sehingga dapat membantu mengurangi banyaknya Kolesterol yang masuk ke dalam aliran darah. Para ahli jantung Amerika sangat menyarankan agar orang-orang bisa mengkonsumsi makanan yang rendah lemak jenuhnya dan juga mengkombinasikan dengan makanan yang memiliki kandungan Fitosterol.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.